RESPON KONSUMEN TERHADAP TANAMAN HIAS KOKEDAMA DI KOTA BATU (Studi Kasus CV. Bunga Melati Creative Kokedama)

Dinda Ayu Alfiyanti Putri, Bambang Siswadi

Abstract


ABSTRACT

Consumer interest in ornamental plants in recent years has increased significantly, especially in ornamental flowers and cut flowers which still dominate consumer demand in Batu city. In contrast to flower ornamental plants and cut ornamental plants, leaf and stem ornamental plants are less attractive to consumers. many things are a factor in the lack of consumer interest in leaf and stem ornamental plants. one of them is the use of polybags that are less practical and less attractive in appearance. The lack of innovation in leaf and stem ornamental plants has led to a decrease in consumer interest in ornamental plants. One innovation that can be done is to replace the use of polybags using coconut fiber with the kokedama technique. Consumer response to kokedama ornamental plant products is very diverse, and most consumers are very interested because of their uniqueness. The purpose of this study is to determine the consumer response to kokedama ornamental plants and the factors that influence consumer decisions. This type of research is quantitative research with data analysis using SEM (Structural Equation Modeling) method. The sample of this study was taken by accidental sampling method with consideration of consumers who buy kokedama ornamental plants.

ABSTRAK

Minat konsumen terhadap tanaman hias beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang signifikan khususnya pada tanaman hias bunga dan bunga potong yang masih mendominasi permintaan konsumen di kota Batu. Berbanding terbalik dengan tanaman hias bunga dan tanaman hias potong, tanaman hias daun dan batang kurang diminati oleh konsumen. banyak hal yang menjadi faktor kurangnya minat konsumen terhadap tanaman hias daun dan batang. salah satunya adalah penggunaan polybag yang kurang praktis dan kurang menarik secara tampilannya. Kurangnya inovasi pada tanaman hias daun dan batang ini menyebabkan menurunnya minat konsumen terhadap tanaman hias. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengganti penggunaan polybag menggunakan sabut kelapa dengan teknik kokedama. Respon konsumen terhadap produk tanaman hias kokedama sangat beragam, dan sebagian besar konsumen sangat tertarik karena keunikan yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon konsumen terhadap tanaman hias kokedama serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis data menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling). Sampel penelitian ini diambil dengan metode accidental sampling dengan pertimbangan konsumen yang membeli tanaman hias kokedama.


Keywords


Response; Consumer; Ornamental Plants; Kokedama.

Full Text:

PDF

References


Alwi, A. M. F., & Mulyono, J. (2023). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan “Menantea Café†Teluk Jambe Karawang. Jurnal Mirai Management, 8(1), 227-243.

Ariodutho, S., Sugiyanti, L., Larasati, A., & Wijaya, I. S. (2023). Pengaruh Packaging Produk terhadap Persepsi Kualitas dan Nilai Produk UMKM Anisa Bakery. Masarin, 2(1), 204-214.

Bimo, Walgito. 1980. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Capriati, Z. F. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Di Koperasi Visiana Bakti Tvri Jakarta. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 6(1), 170-177.

Clarita, N. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di CFC Grande Karawaci. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 2(1), 37-53.

Irvanto, O., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger:(Survey Persepsi Komunitas Pecinta Alam di Kota Bogor). Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 105-126.

Najmutsaqib, L., Siswadi, B., & Susilowati, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Kopi Latte Di Kopi Kenangan (Studi Pada Pelanggan Outlet" Kopi Kenangan"). Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 1(02).

Ningsih, D. R., & Siswadi, B. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pudak di Toko Pudak Sari Kelapa Gresik. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan), 6(2), 99-106.

Pratama, T. J., Siswadi, B., & Hindarti, S. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan melakukan alih fungsi lahan tebu ke sektor non pertanian di Desa Bunut Wetan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 8(2).

Trahutami, S. I., & Wiyatasari, R. (2019). Pengenalan dan pelatihan penamaan dengan teknik kokedema untuk ibu-ibu PKK. Jurnal Harmoni, 3(2).

Zulkarnain, R., Machfudz, M., & Khoiriyah, N. (2021). Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Anggrek Di Dd Orchid Nursery Kecamatan Junrejo Kota Batu. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 9(3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.