NILAI MORAL DAN BUDAYA DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI

ayu rahim

Abstract


Abstrak : Novel  Anak Rantau karya Ahmad Fuadi adalah hasil karya sastra yang merepresentasikan perjuangan seorang anak laki-laki di padang tempat ayahnya di lahirkan. Novel ini menceritakan tokoh Hepi usia 16 tahun Hepi anak yang pintar, cerdas, suka membaca dan pemberani namun kelakuan yang tidak disiplin dan nakal namun semunya berubah saat ayahnya semakin sibuk dengan percetakan akhirnya Hipi menjadi anak yang susah di atur dan menjadi malas dalam belajar hingga liburan sekola ke kampung ayahnya itulah awal mulanya kehidupan dan kebencian terhadap ayahnya di mulai.

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan nilai moral dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi, (2) mendeskripsikan nilai budaya dalam novel Anak Rantau karya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai moral dan budaya dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Penelitian ini difokuskan pa da permesalahan yang berkaitan dengan nilai moral dan budaya. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian dengan hasil sajian data deskriptif berupa tuturan pengarang dalam novel Anak Rantau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan mencatat, mengecekan keabsahan data yang digunaka Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ketekunan membaca dan pencatatan, diskusi dengan teman sejawat dan kecukupan referensi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) nila moral memiliki beberapa 14 yaitu mampu memecahkan masah sendiri berdasarkan Al-Quran, mampu mencari strategi dalam memecahkan masalah yang dihadapi, mampu menjega amanah yang di berikan kepadanya, tidak mudah menyerahh dalam menggapai mimpi, pantang menyerah dalam mewujudkan cita-citanya, mampu mampu berdiskusi dalam mengambil keputusan, mampu memdengarkan masukan dari orang lain, selalu mencari tahu informasi yang baru, pantang menyerah dalam mencari ilmu, mampu menggunakan waktu secara benar, tidak sombong dengan apa yang di yang tlah dia peroleh, mampu menegakan adat istiadat serta peraturan di daerah, mampu menemukan sumber masalah yang terjadi dilingkungan, dan lain-lain.

 

Kata Kunci: Nilai Moral Dan Budaya, Novel Anak Rantau


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Fuadi, Ahmad. 2017. Anak Rantau. Jakarta: PT Falcon

Daroeso, Bambang. 1986. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: CV Aneka Sari Ilmu

Djamaris, dkk. 1996. Nilai Budaya dalam Beberapa Karya Sastra Nusantara: Sastra


Refbacks

  • There are currently no refbacks.