KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) DENGAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH WANKAT DAN OREOVOCZ PADA MATERI BENTUK ALJABAR KELAS VII SMP MA’ARIF BATU

Siti Nur Rohmah

Abstract


Abstrak

         

            Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan, mendeskripsikan,  serta mendeskripsikan keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran TAPPS dengan strategi pemecahan masalah wankat dan oreovocz pada materi bentuk aljabar untuk peserta didik kelas VII SMP dengan model pembelajaran konvensional, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest pada tahap kuantitatif, sedangkan pada tahap kualitatif data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran TAPPS dengan strategi pemecahan masalah (2) pencapaian indikator subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang maupun rendah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. (3) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sedangkan hasil data kulitatif  menunjukkan bahwa pencapaian indikator subjek dengan kemampuan pemecahan masalah matematika tinggi, sedang dan rendah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Hal tersebut membuktikan  bahwa hasil data kualitatif mendukung hasil data kuantatif.

 

Kata-kata kunci:Pembelajaran matematika, model pembelajaran TAPPS, strategi pemecahan masalah wankat dan oreovocz, pemecahan masalah matematika.

Full Text:

XML

References


Hendriana Haris,dkk.2017. Hard Skills dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung:Refika Aditama.

Isnaeni, A dan Hendikawat P, Mashuri. 2015. Keefektifan Pembelajaran TAPSS Strategi REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII Materi Lingkaran. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 4(3):203-211

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Warsono, Hariyanto. 2017. Pembelajaran Aktif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Wena, Made.(2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Konteporer. Jakarta:Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.