TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA ISLAM NUSANTARA MALANG

Wahyuni Nur Rohma, Akhmad Tabrani, Moh Badrih

Abstract


Abstrak: Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai bentuk tindak tutur ekspresif guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Islam Nusantara Malang. Bentuk Tindak Tutur Ekspresif Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Nusantara Malang, dan Fungsi Tindak Tutur Ekspresif Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Nusantara Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.  Tahapan yang dilakukan oleh peneliti, yaitu dengan cara pengumpulan data dan menganalisis data. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SMA Islam Nusantara ketika melaksanakan pembelajaran bahasa Indonesia. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian tentang Tindak Tutur Ekspresif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Islam Nusantara Malang dapat disimpulkan bahwa bentuk tindak tutur ekspresif guru ada 10 yaitu, marah, pujian, terimakasih, mengeluh, nasihat, meminta maaf, sindiran, mengharapkan, mengucapkan selamat, menanyakan kabar. Tindak tutur ekspresif guru ada 8 yaitu, marah, mengeluh, minta maaf, sindiran, pujian, senang, mengharapkan, terima kasih. Kemudian fungsi tindak tutur ekspresif guru dan siswa ada 11 yaitu, mengekspresikan kemarahan, mengeluh, meminta maaf, pujian, sindiran, harapan, terimakasih, nasihat, ucapan selamat, menanyakan kabar, kesenangan.

Kata Kunci : tindak tutur, ekspresif, pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Badrih, M. (2021). Ekspresi Tutur Konstatif ‘Silang Ide’dalam Dialog Mata Najwa. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 10(2), 398–410. (https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jurnal_ranah/article/view/4188/0, diakses pada tanggal 31 Oktober 2023)

Bukit, S. S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2023). HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA SISWA. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1), 159–166. ( https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR/article/view/9519, di akses pada tanggal 10 Oktober 2023)

Insani, E. N., & Sabardila, A. (2016). Tindak tutur perlokusi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 1 Sawit Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 176–184. (https://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/2509, diakses pada tanggal 10 Oktober 2023)

Malutin, M. (2018). TINDAK TUTUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X DI MA UNGGULAN AL-KAUTSAR TROWULAN MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. MATAPENA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1). (http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/matapena/article/view/269, diakses pada tanggal 14 Juni 2023)

Wiwaha, R. S. R., Andajani, K., & Harsiati, T. (2021). Tindak tutur ekspresif dalam video pembelajaran bahasa Indonesia. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 335–352. (https://ejournal.umm.ac.id/index.php/kembara/article/view/17702, diakses pada tanggal 24 Oktober 2023)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.