Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence pada Materi Teorema Pythagoras Peserta Didik Kelas VIII SMP Kartika IV-8 Malang

Rizqillah Ayunita Putri, Sikky El Walida, Surya Sari Faradiba

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence pada materi Teorema Pythagoras peserta didik SMP Kartika IV-8 Malang. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik yang terpilih berdasarkan hasil angket self confidence yang kemudian diklasifikasikan menjadi 2 peserta didik pada tingkat self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen penelitian berupa angket self confidence, soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh S1 dan S2 dengan klasifikasi self confidence tinggi juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang tinggi dalam menyelesaikan tes soal teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dengan S1 dan S2 mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. S3 dan S4 dengan klasifikasi self confidence sedang juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sedang dalam menyelesaikan tes soal teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dengan S3 dan S4 mampu memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. S5 dan S6 dengan klasifikasi self confidence rendah juga memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang rendah dalam menyelesaikan tes soal teorema Pythagoras. Hal ini ditunjukkan dengan S5 mampu memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Indikator yang S5 tidak mampu terpenuhi yaitu memahami masalah dan melakukan pengecekan kembali. Sedangkan S6 pada soal nomor 1 hanya mampu memenuhi 2 indikator dan pada soal nomor 2 mampu memenuhi 3 indikator.

 

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, self confidence, teorema pythagoras

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah, Puri Nur, Nilam Nurani, Padillah Akbar, dan Anik Yuliani. 2018. “Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP.” Journal On Education 1(1):58–65.

Amam, Asep. 2017. “Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp.” Teorema 2(1):39.

Asari, Tri Rahayu, Pujia Siti Balkist, dan Aritsya Imswatama. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence.” Prisma 11(2):447.

Febriana, Evilia. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI Pada Materi Program Linear.” 5(3):1–13.

Hidayat, Wahyu, dan Ratna Sariningsih. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembeajaran Open Ended.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 2(1):109–18.

Ilmiyah, Zakiyatul, Isbadar Nursit, dan Sikky El Walida. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Disposisi Matematis.” Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent 06(02):1731–40.

Laia, Hestu Tansil, dan Darmawan Harefa. 2021. “Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 7(2):463.

Maulidya, Nida Savira, dan Esti Ambar Nugraheni. 2021. “Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(3):2584–93.

Mei, Maria Fatima, Stefania Baptis Seto, dan Maria Trisna Sero Wondo. 2020. “Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores.” Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Flores 3(2):61–70.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurafni, Atika, dan Heni Pujiastuti. 2019. “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang.” ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 2(1).

Nuryani, Vina, Adang Effendi, dan Ai Tusi Fatimah. 2022. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Pokok Bahasan Segiempat.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(1):103–10.

Purnama, Santi, dan Mertika. 2018. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Self confidence.” Journal of Educational Review and Research 1(2):59–63.

Putra, Harry Dwi, Wanda Anggeraeni Solihin Putri, Ulsan Fitriana, dan Fitrie Andayani. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP.” SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) 2(2):60–70.

Putri, Dela Rahayu, Fuad Nasir, dan Anggita Maharani. 2023. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Spldv.” JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education 5(1):55–65.

Putri, Dinda Kurnia, Joko Sulianto, dan Mira Azizah. 2019. “Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah.” International Journal of Elementary Education 3(3):351–57.

Saputra, Randi Junaedi, Deddy Sofyan, dan Dian Mardiani. 2023. “Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu (PME) 02(01):79–92.

Sari, Yulita Anggun, Mohammad Muhassin, Indah Resti Ayuni Suri, dan Rizki Wahyu Yunian Putra. 2020. “Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas Viii Smp.” Journal of Mathematics Education and Science 3(2):61–67.

Yulinawati, Alti, dan Reni Nuraeni. 2021. “Kemampuan Representasi Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Statistika di Desa Talagasari.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1(3):519–30.

Yustiara, Rati Ismidiah, Teddy Alfra Siagian, dan Edi Susanto. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya.” JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains 9(2):313–26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.