PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE “5E” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SMPN 13 MALANG

Arini Nur Chasanah, Alifiani Alifiani, Fadhila Kartika Sari

Abstract


Abstrak: Masalah yang ditemui dalam pembelajaran matematika di kelas VII-D SMPN 13 Malang yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa. Salah satu faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut adalah guru belum aktif melaksanakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menyelesaikan pemecahan masalah matematika. Sebagai upaya mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran Learning Cycle “5E” pada materi Aritmetika sosial. Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle “5E” dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kalitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-D SMPN 13 Malang yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan indikator keberhasilan: 1) persentase aktivitas guru dan siswa ≥ 75% masuk dalam kriteria baik  ; 2) > 75% siswa mendapat nilai tes pemecahan masalah lebih dari nilai KKM (≥ 75) dan rata-rata kelas ≥ 75; 3) Melalui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran  Learning Cycle “5E”  > 50%. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi guru dan siswa, hasil tes akhir siklus, dan wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle “5E” dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi aritmetika sosial dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu: (1) kegiatan awal meliputi tahap Engagement, (2) kegiatan inti meliputi tahap Exploration, Explanation, dan Elaboration, (3) kegiatan penutup meliputi tahap Evaluation. Aspek peningkatan tersebut diketahui dari hasil observasi kegiatan guru, hasil observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, hasil tes, dan hasil wawancara yang menunjukkan kriteria sangat baik dan telah memenuhi kriteria keberhasilan.

 

Kata kunci: Model pembelajaran, learning cycle “5E” , dan kemampuan pemecahan masalah.


Full Text:

PDF

References


Dasna, Dkk (2008), Pembelajaran dengan Siklus Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2),

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Moleong, Lexi. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasri, Rahmadina. 2018. Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 30 Padang. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(4), 115-120.

Nora dan Dwina, (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas IX SMPN 2 Lubuk Alung. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8(4), 35-39.

Nugroho, Heri. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2, No 1. Hlm 45-58.

Nasution, Mardiah Kalsum. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa.” STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11(1): 9–16.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitia Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130.

Winarsih, W. 2014. Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas VII SMP Pangudi Luhur Salatiga Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.