Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe question student have untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan keaktifan siswa pada materi statistika kelas VIII MTs Al Hidayah tahun ajaran 2022/2023

Eka Septyiya Lestari, Anies Fuady, Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan keaktifan siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe question student have pada materi statistika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Al Hidayah yang berjumlah 34 siswa. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan  tes, observasi, lembar keaktifan siswa, wawancara, dan dokumentasi. Tahap yang akan dilakukan dalam penelitian ini meliputi planning, acting, observing, dan reflecting. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe question student have sangat efektif untuk diterapkan pada materi statistika. Analisis data kualitatif diperoleh bahwa hasil rata-rata observasi kegiatan guru yakni sebesar 79,2% dan mengalami peningkatan sebesar 84,5% pada siklus II. Hasil rata-rata observasi kegiatan siswa yakni sebesar 77,7% dan mengalami peningkatan sebesar 83,4% pada siklus II. Hasil rata-rata keaktifan siswa yakni sebesar 77,6% dan mengalami pengingkatan sebesar 80,3% pada siklus II. Dan hasil rata-rata wawancara siswa sebesar 73,5% siswa menyukai penerapan model pembelajaran question student have. Berdasarkan analisis data kuantitatif diperoleh bahwa rata-rata hasil tes akhir siswa pada siklus I sebesar 60,5 dengan ketuntasan siswa sebesar 50%. Hasil tersebut mengalami peningkatan rata-rata hasil tes siswa sebesar 81,5 dengan ketuntasan siswa sebesar 88,2%.

Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe question student have; pemahaman konsep; keaktifan siswa.


Full Text:

PDF

References


Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. 2018. Contextual Approach Using Vba Learning Media To Improve Students’ Mathematical Displacement And Disposition Ability. InJournal of Physics: Conference IOP Publishing.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229-239.

Gunawan, Y. I. P. 2018. Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa. Khazanah Akademia, 2(1), 74-84.

Handayani, W. 2020. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Question Student Have pada Siswa Kelas XII-IPA-3 SMA Negeri 1 Tapen Kab. Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP), 5(1), 31-40.

Hariyani, S., Wahyuningtias, Y. A., & Dinnullah, R. N. I. 2020. Penerapan Strategi Question Students Have (Qsh) Terhadap Prestasi Belajar. Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 136-146.

Milati, N. 2011. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Question Student Have Untuk Meningkatkan Perhatian Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. (Penelitian Tindakan Kelas Di Mts Jamiyyah Islamiyah).Disertasi tidak diterbitkan. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Wiliawanto, W., Bernard, M., Akbar, P., & Sugandi, A. I. 2019. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 139-148.

Wiratama, A. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Question Student Have Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 47-51.

Yanti, Redha Irma. 2016. Penerapan Strategi Question Student Have (QSH) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas X SMA NEGERI 3 ACEH BARAT DAYA. Skripsi. Banda Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Zusnani, I., & Murfi, A. 2020. Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have (QSH) Pada Mata Pelajaran Fiqh di MTs Negeri 9 Bantul. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 84-102.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.