EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN IDEA (ISSUE, DISCUSSION, ESTABLISH, AND APPLY) TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN DATAR SEGIEMPAT KELAS VII

KHOFIFAH ERINA OKTAVIANI, YAYAN ERYK SETIAWAN, YAYAN ERYK SETIAWAN, SYAIFUDDIN SYAIFUDDIN, SYAIFUDDIN SYAIFUDDIN

Abstract


Abstrak: Kepercayaan diri dan pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun banyak siswa yang belum percaya diri serta memahami konsep. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil obseravsi di SMPN 2 Leces. Salah satu solusi mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan model pembelajaran IDEA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran IDEA terhadap kepercayaan diri dan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar segiempat kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain ekperimen semu dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Leces. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 22 siswa karena memiliki kepercayaan diri dan pemahaman konsep yang sama. Data yang dikumpulkan berupa angket kepercayaan diri dan hasil pretest-posttest pemahaman konsep. Instrumen yang digunakan yaitu angket kepercayaan diri dan soal pretest-posttest pemahaman konsep. Analisis data yang digunakan menggunakan SPSS 26 dengan melakukan uji. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IDEA efektif terhadap kepercayaan diri dan pemahaman konsep matematis siswa pada bangun datar segiempat kelas VII. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest-postest kepercayaan diri yaitu 33.05 dan 42.45 dengan nilai sig 0,000<0,05. Pemahaman konsep matematis ditunjukkan dari nilai rata-rata pretest postest yaitu 38.85 dan 69.63 dengan nilai sig 0,000<0,05. Hal ini dikarenakan melalui model pembelajaran IDEA siswa menemukan konsep secara mandiri dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, siswa merasa percaya dirinya meningkat, karena berhasil dalam memahami konsep. Oleh sebab itu rekomendasi pembelajaran IDEA dapat membantu guru agar kepercayaan diri dan pemahaman konsep siswa lebih baik. Rekomendasi penelitian selanjutnya yaitu dapat meneliti yang belum terjangkau dan menggunakan materi yang lain pada jenjang lebih tinggi.

 

Kata Kunci: model pembelajaran IDEA, kepercayaan diri, pemahaman konsep matematis  


Full Text:

PDF

References


Adam, W., Mulyanto, A., & Tuloli, M. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran IDEA Terhadap Pemahaman Konsep Pada Materi Operasi Aritmatika dan Logika. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 26-34.

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar,S P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang. Journal on Education, 1(1), 14-21.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Edisi Kelima. Semarang:Universitas Diponegoro.P

Ibrahim, M. (2018). Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Ctl (React). Jurnal Tatsqif, 16 (1), 55–77.

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii SMP pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777–785.

Kuniawan, H. 2021. Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Sleman: Deepublish.

Melisari, M., Septihani, A., Chronika, A., Permaganti, B., Jumiati, Y., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemahaman konsep Matematika Sekolah Dasar Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 172-182.

Nurfajriyanti, I., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2594-2603.

Ramdhan, M. 2021. Metode Penelitian. Surabaya : Cipta Media Nusantara.

Setiawan, Y. E. (2019). Peta konsep dalam pembelajaran matematika. Lumajang: CV. Al-Mukmin Yes.

Setiawan, Y. E., & Mustangin, M. (2020). Kepraktisan model pembelajaran IDEA (issue, discussion, establish, and apply) dalam pembelajaran matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 776-788.

Setiawan, Y. E. (2020a). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23–38.

Setiawan, Y. E. (2020c). Pelatihan desain peta konsep menggunakan aplikasi cmaptools. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 03(04), 395–403.

Setiawan, Y. E. (2021). Relevansi Model Pembelajaran IDEA dalam Menanamkan Pemahaman Konsep. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 177-186.

Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919-1927.

Surahmat, S. (2022, November). Rearrangement of linear forest versus wheels on Ramsey numbers. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2639, No. 1). AIP Publishing.

Abidin, Z., & Wulandari, T. C. (2022). The model of analytical geometry interactive module using systematic, active, effective (SAE) model to support students’ autonomous learning and mathematics education competence. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 6(05).

Setiawan, Y., & Surahmat, S. (2022). The Effect of Curiosity on Mathematical Creativity. In Proceedings of the 6th Batusangkar International Conference, BIC 2021, 11-12 October, 2021, Batusangkar-West Sumatra, Indonesia.

Ilmi, S., Setiawan, Y. E., Faradiba, S. S., Sailaja, S. V., Zoker, E. M., & da Silva Santiago, P. V. (2022). Analisys of Students Mathematical Communication in Solving Pythagorean Theorem Problems Based on Level of Ability. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 249-260.

Wedastuti, N. K., Sunismi, S., & Faradiba, S. (2022). Scaffolding in Mathematics Learning Social Arithmetic Material to Improve Students' Mathematical Thinking. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 14(2), 455-470.

El Walida, S., & Sa’dijah, C. (2022). A Portrait of Controversial Mathematics Problems and Students’ Metacognitive Awareness: A Case of Indonesia. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(12).

Faradiba, S. S., Alifiani, A., & Hasana, S. N. (2022, December). Metacognitive blindness in mathematics online learning. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2468, No. 1). AIP Publishing.

Faradiba, S. S., Alifiani, A., & Hasana, S. N. (2022, September). Metacognitive myopia: The main obstacles in mathematics online learning. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2633, No. 1). AIP Publishing.

Faradiba, S. S., Alifiani, A., & Hasana, S. N. (2022, July). Actual and partial vandalism: Metacognitive impairment in mathematics problem-solving. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2479, No. 1). AIP Publishing.

Kurniawan, C., Fajarianto, O., Sari, I. N., Wulandari, T. C., & Marlina, E. (2022). Assessing Learning Management System (LMS) for The Dairy Farmer: Obstacles to Delivering Online Learning Content. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(3), 341-352.

Fajarianto, O., Tresnawati, N., Wulandari, T. C., & Ahmad, A. (2022). Differences of Mathematics Learning Results between Make a Match Cooperative Methods and Expository Methods. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 6(1), 141-149.

Wulandari, T. C., Maula, D. M., Ajeng, R., & Rachmawati, I. (2022). Jamboard dan Kahoot: Utilization and Learning Design on Coordinate System Material. Journal Socio Humanities Review, 2(2).

Sari, F. K., & Negara, F. P. (2022, February). The Effect of Using the Telegram Application on Mathematics Learning Achievement. In Proceedings of The 1st ICOMSH Volume 1, 2021.

Setiawan, Y. E., & Surahmat, S. (2021). Error analysis of prospective mathematics teachers in solving of applying radian measurement problem in trigonometry courses. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 343-357.

Abidin, Z. S., & Walida, S. E. (2019). Interactive E-Module Model of Transformation Geometry Based on Case (Creative, Active, Systematic, Effective) as A Practical and Effective Media to Support Learning Autonomy and Competence. Brazilian Journal of Implantology and Health Sciences, 1(7), 206-223.

Hasana, S. N., & Alifiani, A. (2019). Multimedia development using visual basic for application (VBA) to improve students’ learning motivation in studying mathematics of economics. Indonesian Journal of Mathematics Education, 2(1), 34-42.

El Walida, S., & Hasana, S. N. (2020). The Identification of Students’ Misconceptions in Mathematical Induction. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(2), 50-57.

Faradiba, S. S., & Nasir, N. A. M. (2024). The resolution of quadratic inequality problems in mathematics: Discrepancies between thought and action. Infinity Journal, 13(1), 61-82.

Qamar, K., Riyadi, S., & Wulandari, T. C. (2019). Utilization of whatsapp application as discussion media in blended learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(3), 370-378.

Khairunnisa, G. F., Maulyda, M. A., Annizar, A. M. R., Hijriani, L., & Khair, M. S. D. (2020). Mathematics Communication: Translation of Elementary Students' Idea. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 77-86.

Ambarwati, A., Muttaqin, K., & Khairunnisa, G. F. 2023. Teaching at the Right Level: From Pre-service Teachers’ Perspective to Design of Teaching Material.

Setiawan, Y. E., & Surahmat, S. (2021). Error analysis of prospective mathematics teachers in solving of applying radian measurement problem in trigonometry courses. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 343-357.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.