PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SUPLEMEN INTERAKTIF ZAMRUD INDONESIA BERMUATAN BUDAYA JAWA TIMUR BAGI SISWA ASING TINGKAT BIPA 2 UNISMA

Hidayatullah Hidayatullah

Abstract


Abstrak: Media dalam kegiatan pembelajaran termasuk hal yang penting. Apalagi dalam kegiatan pembelajaran BIPA yang membutuhkan media yang menarik guna memberikan pemahaman Bahasa Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkanlah buku suplemen interaktif. Media pembelajaran buku suplemen interaktif diperuntukkan bagi siswa asing tingkat BIPA 2 untuk mengetahui dan menguasai Bahasa Indonesia serta mengenal wisata Jawa Timur. Buku suplemen interaktif dapat diakses secara digital. Tujuan penelitian media buku suplemen interaktif adalah 1)Mengembangkan dan mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran buku suplemen interaktif Zamrud Indonesia bermuatan budaya Jawa Timur bagi siswa tingkat BIPA 2 UNISMA, dan 2) Mengetahui hasil uji kelayakan media pembelajaran buku suplemen interaktif Zamrud Indonesia bermuatan budaya Jawa Timur bagi siswa tingkat BIPA 2 UNISMA. Manfaat Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D dengan model penelitian ADDIE dengan dianalisa secara empiris dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil uji kelayakan diperoleh nilai rata-rata 64.74%, buku suplemen interaktif tergolong efektif dan baik dengan perbaikan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, buku suplemen interaktif, BIPA


Full Text:

PDF

References


Anglada, D. 2007. “An Introduction to Instructional Design: Utilizing a Basic Design Model”. Tersedia pada http://www.pace.edu/ctlt/newsletter.

Emzir. (2014) Metode Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Laksono, Prayitno Tri. 2020. Pengembangan Desain Pembelajaran BIPA Darmasiswa pada Pembelajar Tingkat Mahir Rendah. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya Vol 26, Nomor 2, Oktober 2020.

Lestyarini, Beniati. (2012). Model Sintetik dan Analitik Berbasis Karakter Indonesia dalam Pembelajaran BIPA di Era Global. Makalah disajikan pada seminar Internasional SILE 2012 dan KIPBIPA VIII LTCUKSW. Salatiga: Language Training Center Satya Wacana Christian University.

Hertiki. 2017. Pengajaran dan Pembelajaran BIPA di Perguruan Tinggi Polandia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (November, 2017).

Kurwidaria, F. 2016. Wayang Kontemporer Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Keterampilan Berbahasa Indonesia Bagi Penutur Asing Berbasis Budaya Daerah. Prosiding Konverensi BIPA. (Mei, 2016).

Maharany, Elva Riezky. 2018. Kebutuhan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing Thailand. Ed-Humanistics. Volume 03 Nomor 02 Tahun 2018.

Maharany, Elva Riezky. 2020. Pengembangan Silabus Pengajaran BIPA Berbasis Teks. Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. (Mei, 2020).

Ramliyana, R. (2016). Media Komik Sebagai Upaya Peningkatan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (Bipa). Jurnal Riksa Bahasa. Vol: 2 No. 2 (November, 2016).

Romiszowski, A.J. 1996. System Approach to Design and Development. Dalam Plomp, T. & Ely, D.P. (editor in chiefs). International Encyclopedia of Educational Technology. Oxford: Pergamon Press, halm. 37-43.

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syarum & Salim. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Wahyuni, Sri. 2013. Cepat Bisa Baca. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Werdiningsih, Dyah, Sunismi, dan Sri Wahyuni. 2021. Pembelajaran Aktif dengan Case Method. Malang. Literasi Nusantara.

Yahya, M., Andayani, & Kundharu S. 2018. Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kesalahan Diksi dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik. Jurnal Kredo, 1(2), 53-70.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.