Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation Pada Materi Teks Eksplanasi Kelas XI SMA Negeri 8 Malang

Fathiyah Nur Cholifah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran whiteboard animation pada materi teks eksplanasi kelas XI SMA Negeri 8 Malang. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, dengan instrumen berupa observasi, wawancara, angket, dan tes yang terdiri dari dua macam yaitu pretest dan posttest. Media yang dikembangkan mendapat nilai dari ahli media sebesar 95,5%, ahli materi sebesar 75%, ahli bahasa sebesar 87,5%, respon guru 100% dan siswa 78,35% sehingga dinyatakan layak untuk diimplementasikan. Melalui uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,001 < 0,05 maka, ditolak dan diterima, sehingga media pembelajaran whiteboard animation efektif digunakan dalam pembelajaran teks eksplanasi. Implikasi dari penelitian ini, sebaiknya produk yang dikembangkan dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa serta masalah yang ada, agar tujuan dari pengembangan produk dapat tepat sasaran dan mengatasi kesenjangan yang ada. Produk juga sebaiknya dikembangkan pada materi lain dengan subjek uji coba yang lebih banyak, agar data yang didapatkan lebih valid.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, whiteboard animation, teks eksplanasi


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Ari. 2019. Pengembangan Buku Elektronik Bertema Keberagaman Pangan Pokok Untuk Mendukung Gerakan Literasi di SMA-SMK. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 3(1), 65-74.

Ayu, Fitri Gusti. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Whiteboard Animation Pada Mata Pelajaran Administrasi Server Kelas XI SMK Negeri 1 Solok. Jurnal Engineering Edu, 4(2), 17-26.

Nur, Datin Rosyda. dkk. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Whiteboard Animation Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Materi Gerak Lurus Untuk Siswa SMA Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3832-3843.

Pratiwi, Annisa Dessy. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Media Pembelajaran PALU (Papan Ilustrasi) Dalam Menyusun Teks Eksplanasi Pada Siswa SMA Kelas XI. Skripsi: Universitas Brawijaya.

R, Silfianas Mahendra. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berbasis Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dalam Bentuk Flip Chart Untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII di MTs Al Hidayah Bungah Gresik. Skripsi: Universitas Islam Malang.

Rofikoh, Evi. dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Whiteboard Animation Pada Materi Teks Eksplanasi Kelas XI SMA. Jurnal Seminar Nasional Sastra, Pedagogik, dan Bahasa (SAGA), 3(1), 165-173.

Setiana, Rina. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 Untuk Kelas XI SMA. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Tibyani, Waesy, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ensiklopedia Menggunakan Whiteboard Animation Materi Teks Prosedur. Jurnal Seminar Nasional Sastra, Pedagogik, dan Bahasa (SAGA), 3(1), 129-136.

Wicaksono, Helmi. dkk. 2018. Pengembangan Media Permainan Imajinasi dalam Pembelajaran Menulis Puisi bagi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 223-228.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.