EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MALANG

Farah Faridatul Qolbi

Abstract


Abstrak: Pembelajaran menulis sangat penting diajarkan di sekolah Penyebab kurangnya pratik dan pemahaman dalam pembelajaran menulis teks cerpen serta penggunaan media konvesional merupakan kendala dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerpen sehingga peserta didik tidak dapat menuangkan ide, gagasan dan imajinasinya kedalam penulisan teks cerpen. Tujuan dari penelitian ini yakni meliputi: (1) Memperoleh deskripsi objektif mengenai hasil pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Malang sebelum diterapkan penggunaan media film pendek indonesia, (2) hasil pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Malang sesudah digunakan media film pendek Indonesia, (3) uji efektivitas penggunaan media film pendek Indonesia dalam pembelajaran keterampilan menulis teks cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis quasi-experiment, menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Malang, dengan jumlah 355 anak. Sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas XI H sebanyak 37 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal esai (pretest-posttest) sebagai instrumen penelitian dan uji normalitas, homegenitas serta Wilcoxon sebagai uji hipotesisnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media film pendek Indonesia efektif digunakan dalam pemebelajaran keterampulan menulis teks cerpen pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 3 Malang dengan dibuktikan adanya nilai rata-rata hasil pretest peserta didik yakni 65 yang terkategori sedang, sedangkan rata-rata hasil posttest pada peserta didik yakni 85 yang suah kategori baik, maka dapat didmpulkan bahwa nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pretest dan terbukti H1 dIterima.

Kata Kunci: Media, Film Pendek Indonesia, Teks Cerpen, Keterampilan Menulis.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2021). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Arsyad, Azhar.2011.Media Pembelajaran.cetakan ke-15.Jakarta:Rajawalli Pers.

Anriyadi,Fariska.(2010). Penerapan Media Animasi dan Karikatur dengan Menggunakan Powe Point (PPT) untuk Meningkatka Efektivitas Pembelajran Pkn Pada Materi Sistem Hukum dan Pengadilan Internasional di Kelas XI IS-1 SMA PGRI 7 Banjarmasin. Unlam Banjarmasin Skripsi.

Djamarah,Syaiful Bahri dan Zain, Aswan.(2010).Strategi belajar mengajar.Jakarta : Rineka Cipta

Enny,Zubaidah. (2012). “Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Cerita Anak melalui Strategi Menulis Terbimbing. Jakarta: Program Pasca Sarjana Univeristas Negeri Jakarta.

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa.Bandung: Rosdakarya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sumarjo, Jakob. 1998. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia. .

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Sesuatu Keterampilan Bahasa.Bandung: Angkasa Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.