PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CINTA LINGKUNGAN DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI FILM PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KREJENGAN

Umi Sofiani Zuhro

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis puisi. Menulis merupakan keterampilan berbahasa yang perlu dikuasai oleh peserta didik. siswa dapat menuangkan ide kreatif mereka dalam sebuah tulisan puisi, guru. Keterampilan menulis puisi akan tercapai dengan baik apabila peserta didik diberikan pengarahan secara mendalam serta didukung dengan media atau metode pembelajaran yang tepat, untuk menunjang siswa agar bisa bersikap kreatif, berfikir kritis, memiliki kepekaan, serta lebih mempertajam daya pikir dan imajinasi siswa Peneliti menerapkan pembelajaran cinta lingkungan dengan metode sugesti imajinasi film pendek. Penelitian ini, tidak hanya meningkatkan siswa terhadap menulis puisi akan tetapi diharapakan siswa lebih memberikan rasa kepedulian, perspektif baru tentang pembelajaran cinta lingkungan yang berakibat kepada perubahan perilaku dan kebiasaan siswa untuk selalu melestarikan lingkungan di sekolah maupun di luar sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) ini terdiri dari empat tahapanĀ  yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Krejengan yang berjumlah 20 siswa. penelitian ini dilakukan sebanayak dua siklus.

Kata Kunci: metode sugesti imajinasi, film pendek, keterampilan menulis, puisi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Farhana, H., & Awiria, A. (2019). Penelitian tindakan kelas.

Fernanda, A., & Sukardi, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi melalui Metode Sugesti Imajinasi pada Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(4),

Munawaroh, H., & Retyanto, B. D. (2016). Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran cinta lingkungan pendidikan anak usia dini (paud) di kabupaten wonosobo. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 13-24.

Prasetyoningsih, L. S. A., Arief, H. N. F., & Muttaqin, K. (2021). KETERAMPILAN BERBICARA Tinjauan Deskriptif dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Literasi Nusantara.

Ratnawulan, E., & Rusdiana. 2016. Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media

Setyosari, P. (2017). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jinotep (jurnal inovasi dan teknologi pembelajaran): kajian dan riset dalam teknologi pembelajaran, 1(1), 20-30.

Petrus Trimantara dalam Jurnal Pendidikan Penabur - No.05/ Th.IV/ Desember 2005. Pengaruh Metode Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Pargraf Deskripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Wicaksono, H., & Tabrani, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Model Pembelajaran Telisik (Tentukan, Analisis, Tampilkan). Attractive: Innovative Education Journal, 2(2), 116-124

Werdiningsih, D. (2016). Profil Strategi Belajar dan Dampaknya terhadap Pencapaian Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.