ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Prima Azzahra Eka Putri, Sikky El Walida, Isbadar Nursit

Abstract



Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara yang digunakan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis matematis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik ditinjau dari kepercayaan diri pada materi SPLDV kelas VIII MTs Hasyim Asy'ari Kota Batu. Penelitian dilaksanakan di MTs Hasyim Asy'ari Kota Batu. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa angket, tes, dan wawancara. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII-I MTs Hasyim Asy'ari Kota Batu yang berjumlah 20 peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 peserta didik dengan percaya diri tinggi, percaya diri sedang, dan percaya diri rendah.Pemilihan subjek berdasarkan hasil angket kepercayaan diri dan melalui diskusi dengan guru matematika. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) subjek 1 (THH) dengan kepercayaan diri kategori tinggi dapat menyelesaikan soal SPLDV dengan menggunakan metode campuran dan memiliki kemampuan berpikir kritis matematis tinggi dengan kategori sangat baik; (2) subjek 2 (ZZM) dengan kepercayaan diri kategori sedang mampu menyelesaikan soal SPLDV dengan menggunakan metode satu (substitusi) dan memiliki kemampuan berpikir kritis matematis sedang dengan kategori baik;dan (3) subjek 3 (SSA) dengan kategori percaya diri rendah mampu menyelesaikan soal SPLDV dengan metode satu (eliminasi) dan memiliki kemampuan berpikir kritis matematis rendah dengan kategori kurang baik.

Kata kunci: kemampuan berpikir kritis matematis, percaya diri


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Abidin, Z., & Wulandari, T. C. (2022). The Model of Analytical Geometry Interactive Module using Systematic, Active, Effective (SAE) Model to Support Students’ Autonomous Learning and Mathematics Education Competence. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 6(5), 76–80.

Azwar, S. (2019). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Fitria, Y., & Indra, W. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. CV Budi Utama.

Hajar, M. S., & Minarti, E. D. (2019). Pengaruh Self Confidence Siswa SMP terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Majamath, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36815/majamath.v2i1.293

Hidayatulloh, D. A., Fuady, A., & Walida, S. El. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Jp3, 16(12), 57–63.

Ismaimuza, D. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa smp.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI. 1(1), 24–44.

Pebianto, A., Gunawan, G., Yohana, R., & Nurjaman, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTsN Kota Cimahai pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Journal on Education, 1(3), 9–20. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/109

Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqia, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. UPI Sumedang Press.

Septiani, T., Hudanagara, M. A., Hendriana, H., & Anita, I. W. (2018). Pengaruh Self Confidence dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 185–192. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p667-672

Sinaga, A. R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru MenetapkaNn KKM melalui Supervisi Pengawas Sekolah di SMP Swasta PGRI 1 Medan pada Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Sastra, 9(2), 92–110.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasarkan Level Kemampuan Mahasiswa. Infinity Journal, 5(1), 56–65. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i1.p56-66


Refbacks

  • There are currently no refbacks.