ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL PADA MATERI FUNGSI KUADRAT

Binti Khoiriyah, Tri Candra Wulandari, Syaifuddin Syaifuddin, Endah Widiantoro

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk  mendeskripsikan kemampuan koneksii matematis peserta didik yang memiliki tingkat motivasi tinggi, sedang, dan rendah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian eskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas X PS 3 SMK Negeri 2 Malang dari 3 tingkat motivasi belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar, tes, dan wawancara kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peserta didik pada tingkat motivasi tinggi dan rendah hanya mampu memenuhi indikator kemampuan menuliskan apa yang ditanya dan apa yang diketahui pada soal dengan tepat pada koneksi konsep atau prinsip tertentu pada suatu topik dalam matematika. Pada tingkat motivasi sedang terdapat peserta didik yang hanya mampu menuliskan model matematika yang sesuai dengan permasalahan yang disajikan pada soal pada koneksi konsep atau prinsip tertentu pada suatu topik dalam matematika.

 

Kata Kunci : kemampuan koneksi matematis, motivasi belajar, masalah kontekstual.

 

Abstract

The purpose of this study is to describe the mathematical connection ability of students who have high, medium, and low levels of motivation. The research approach used is a qualitative approach and the type of research used in the study is a qualitative descriptive research type. The subjects of this study were 6 students of class X PS 3 SMK Negeri 2 Malang from 3 levels of learning motivation. Data was collected using a learning motivation questionnaire, tests, and interviews of mathematical connection abilities. The results of this study indicate that students at high and low motivation levels are only able to meet the indicators of the ability to write what is asked and what is known in the problem correctly on the connection of certain concepts or principles to a topic in mathematics. At the moderate level of motivation, there are students who are only able to write mathematical models that are in accordance with the problems presented in the questions on the connection of certain concepts or principles to a topic in mathematics.

 

Keywords : mathematical connection ability, learning motivation, contextual problems.

Full Text:

PDF

References


Alfath, K., & Raharjo, F. F. (2019). Teknik Pengolahan Asil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP). Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam.

Amalia, R., Lutfiyah, & Permatasari, V. A. (2019). Deskripsi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Berkemampuan Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal lIlmiah Pendidikan Matematika, 44-52.

Ernawati, Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M., Zanthy, L. S., Rusdin, et al. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Pidie Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits Of Mind Pada Siswa. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Hardi, Suyitno, H., Kartono, & Dwidayati, N. (2021). Mathematical Connections Of Students Based On Learning Style Using Blended Learning. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 197-202.

Keban, M. L., Nahak, S., & Kelen, Y. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Saintek Lahan Kuring, 17-18.

Latipah, E. D., & Afriansyah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika.

Muslihat, I., Andriani, D., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Journal On Education.

Ni'mah, A. F., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, 30-33.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep. Scholaria:Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 219-230.

Nurainah, Maryanasari, R., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kesulitan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Datar. JPMI:Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 61-68.

Rahayu, N., & Alyani, F. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient. Prima.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 79-92.

Saleh, H., & Warsito. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Siklus 7E Berbantuan Hypnoteaching. Prima : Jurnal Pendidikan Matematika.

Sari, J., & Sutirna. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 137-144.

Sutrisna, N., Malik, A. R., & Larasati, W. L. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Materi Logaritma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM). Cirebon.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.