ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY PADA MATERI PERBANDINGAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 TRAWAS

Ria Wahyuningsih, Zainal Abidin, Yuli Ismi Nahdiyati Ilmi

Abstract


Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Trawas; (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self-efficacy sedang pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Trawas; (3) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self-efficacy rendah pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Trawas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Trawas dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik berdasarkan klasifikasi tingkat self-efficacy. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah angket self-efficacy, soal tes kemampuan penalaran matematis dan pedoman wawancara. Peneliti menggunakan uji validitas logis yang dilakukan oleh salah satu dosen pendidikan matematika Universitas Islam Malang dan guru matematika kelas VII SMP Negeri 2 Trawas. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan penalaran matematis dan hasil wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik yang memiliki self-efficacy tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis yang baik, karena dapat memenuhi tiga indikator kemampuan penalaran matematis; (2) peserta didik yang memiliki self-efficacy sedang memiliki kemampuan penalaran matematis yang cukup baik, karena dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran matematis; (3) peserta didik yang memiliki self-efficacy rendah memiliki kemampuan penalaran matematis yang kurang baik, karena hanya memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis.

Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, self-efficacy, perbandingan


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z dan Walida, S.E. 2019. Interactive E-Module Model of Transformation Geometry Based on Case (Creative, Active, Systematic, Effective) as A Practical and Effective Media to Support Learning Autonomy and Competence. International Journal of Development Research. 9(1): 25156-25160.

http://www.journalijdr.com

Aprisal dan Arifin, Sartika. 2020. Kemampuan Penalaran Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8 (1): 33-42. https://www.researchgate.net/publication/339105567_KEMAMPUAN_PENALARAN_MATEMATIKA_DAN_SELF-EFFICACY_PESERTA DIDIK_SMP

Arikunto, Suharsimi. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdiknas . 2016. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah

Destiniar.,Jumroh., & Sari, D.M. 2019. Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Self-Efficacy Dan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM, 12 (1): 116-128.

https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/4859

Dewi, Intan, M. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII di MTs Negeri 6 Tulungagung. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/8171/

Hasanah, Rusi Ulfa. 2019. Efektivitas Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Geometris Siswa Kelas VIII. Axiom, 8 (1) : 50-63. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/5445

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Soemarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama

Oktariani. 2018. Peranan Self-Efficacy Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal Kognisi, 3 (1): 41-50.

http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/download/492/594

Ratau, A. 2016. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematika Siswa SMP Negeri Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2 (1): 42-59 https://jurnal.iainambon.ac.id/index.php/INT/article/view/308

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Armas Duta Jaya

Wulandari, Feby, A. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII Mts Negeri 3 Bulu Kumba.

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9696-Full_Text.pdf

Yunianti Elis.2016. Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Parigi. Jurnal Mitra Sains. 4(1), 92-100

http://mrtg.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.