PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECKS PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR KELAS VII MTs NUSANTARA PROBOLINGGO

Cahyatun Eva Rifanti, Surahmat Surahmat, Alifiani Alifiani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan konvensional, mendeskripsikan pamahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks, dan mengetahui keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif pemahaman konsep matematis antar peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks. Pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian kombinasi design sequensial explanatory. Pada penelitian kuantitatif menggunakan desain quasi experimental design dengan jenis desain The Non-Equivalent Pretest-Postest Control Grup Desain. Dengan populasi ialah seluruh peserta didik kelas VII MTs Nusantara Probolinggo yang terdiri dari tiga kelas dengan teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random sampling, maka dinyatakan kelas VII A sebagai kelas eskperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Pada penelitian kualitatif menggunakan jenis penelitian deskriptif berupa kata-kata tertulis. Data yang digunakan pada penelitian ini ialah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitaif berupa hasil data pretest dan hasil posttest pemahaman konsep matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa data observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pada uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks dengan konvensional. Pencapaian indikator pemahaman konsep matematis peserta didik kategori tinggi, sedang, rendah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Data kualitatif memperkuat dan mendukung data kuantitatif.

Kata kunci: Pembelajaran matematika, pemahaman konsep matematis, model pembelajaran kooperatif tipe Pair Checks


Full Text:

PDF

References


Amir & Risnawati. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husna, Kamilal. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair ChecksPada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabelkelas X MA Nurul Sholah Tahun Ajaran Pembelajaran 2017/2018. Skripsi. Malang: Program Sarjana Universitas Islam Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Triwibowo, Pujiastutik, & Suparsih. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Daya Juang Siswa Melalui Strategi Trajectory Learning. Jurnal Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol 1 (1): 347-353.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.