ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV MENURUT TEORI NEWMAN PADA SISWA KELAS VIII

Asmiyati Sahbudin, Sunismi Sunismi

Abstract


Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan siswa dalam representasi matematis ketika menyelesaikan soal cerita materi SPLDV menurut teori Newman pada siswa kelas VIII, 2) Untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan siswa dalam pemecahan masalah matematis soal cerita materi SPLDV menurut teori Newman pada siswa kelas VIII, 3) Untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV menurut teori Newman pada siswa kelas VIII. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Pemilihan subjek dilakukan dengan cara purposive. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa  SMP Al- Hidayah Malang dengan jawaban yang unik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa pada rumusan masalah pertama yaitu: a) siswa dengan kemampuan representasi matematis tinggi sudah memenuhi indikator kemampuan representasi matematis, b) siswa dengan tingkat kemampuan representasi matematis sedang memenuhi tiga indikator, c) siswa dengan tingkat kemampuan representasi rendah belum memenuhi indikator. Hasil rumusan masalah kedua yaitu a) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi sudah memenuhi indikator, b) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sedang memenuhi 3 Indikator, c) siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis rendah belum memenuhi indikator.  Selanjutnya rumusan masalah yang ketiga adalah a) kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis kategori tinggi dengan nilai rata-rata 79,12 dan 83,21  terdapat 8 dan 11 siswa, b) kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis kategori sedang dengan nilai rata-rata 67,25 dan 71,54 terdapat 12 dan 11 siswa, 3) kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis kategori rendah dengan nilai rata-rata 40,83 dan 49 terdapat 6 dan 4  siswa.

Kata-kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Soal Cerita, Teori Newman


Full Text:

PDF

References


Darmawan, I., Kharismawati, A., Hendriana, H., dan Purwasih, R. 2018. Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning). Vol 1 (1): 71–78.

Fonna, M., dan Mursalin, M. 2018. Pengembangan Modul Geometri Analitik Bidang Berbantuan Wingeom Software untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 6 (3): 391–402.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., dan Auliya, N. H. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Prihastuti, W. S., Hudiono, B., dan Mirza, A. 2013. Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Dasar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol 2 (12): 1–16.

Rusminati, S. H., dan Rosidah, C. T. 2018. Korelasi Penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa di SDN Kebondalem Mojosari dan SDN Ketabang Surabaya. Inventa. Vol 2 (2): 97–103.

Safitri, D. 2017. Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman. Jurnal Dewantara, 3, 47–59.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Vitaloka, W. P., Habibi, M., Putri, R., dan Putra, A. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 9 (2): 152–164.

Wahyuddin, W. 2016. Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Makassar. Suska Journal of Mathematics Education. Vol 2 (2): 148–160.

Yarmani, A. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA. Vol 6 (2): 12–19.

Yusnia, D., dan Fitriyani, H. 2017. Identifikasi kesalahan siswa menggunakan Newman’s Error Analysis (NEA) pada pemecahan masalah operasi hitung bentuk aljabar. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Muhammadiyah Semarang, (Online), (http://103.97.100.145/index.php/psn12012010/article/view/3047/2956, diakses 28 Juni 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.