ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAMIYAH TAMBAK BAWEAN PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Ummi Maghfirah, Alifiani Alifiani, Isbadar Nursit

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematika ditinjau dari disposisi matematis peserta didik kelas VII SMP Islamiyah Tambak Bawean. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII-B di SMP Islamiyah Tambak Bawean tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 32 orang.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Angket disposisi matematis diberikan kepada 32 peserta didik. Dari 32 peserta didik dipilih 6 peserta didik untuk tes kemampuan penalaran dan wawancara yang memiliki pola jawaban unik/ khas.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Subjek AM dan subjek IA berkemampuan tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis yaitu mengajukan dugaan, manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti; (2) Subjek SR dan subjek NA berkemampuan sedang tidak memenuhi indikator kemampuan penalaran matematis secara maksimal, hanya memenuhi 3 indikator, dimana subjek SR memenuhi indikator mengajukan dugaan, manipulasi matematika, dan menyusun bukti. Subjek NA memenuhi indikator mengajukan dugaan, manipulasi matematika, dan menarik kesimpulan; (3) Subjek AIP dan subjek NA berkemampuan rendah hanya fokus pada satu indikator, dimana subjek AIP hanya memenuhi indikator menarik kesimpulan, dan subjek NA hanya memenuhi indikator menyusun bukti.

Kata- kata Kunci: Kemampuan Penalaran Matematika, Disposisi Matematis,Aritmetika Sosial.


Full Text:

PDF

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2, No 1.

Ariani, R. L., & Dahlan, J. A. 2017. Penerapan Strategi Pemebelajaran Multiple Intelligences (MI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Disposisi Matematis Siswa SMP. JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika), Vol 3, No 1.

Basir, M. A. 2015. Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Penidikan Matematika FKIP Unissula, Vol 3, No 1.

Choridah, D. T. 2013. Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, Vol 1, No 1.

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal on Education, Vol 1, No 1.

Nur, I., & Nuruddin. 2020. Disposisi Matematis Siswa pada Penerapan Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol 10, No 1.

Rosita, N. T., & Yuliawati, L. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Aljabar SMP Berdasarkan Disposisi Matematis. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Vol 2, No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.