PENGARUH DISPOSISI MATEMATIS DAN SELF CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Sinta Lestari, Ettie Rukmigarsari, Sikky El Walida

Abstract


 

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disposisi matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, mengetahui pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, dan mengetahui pengaruh self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi Aritmatika Sosial kelas VII SMP Islam Wajak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Islam Wajak. Pemilihan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dilakukan melalui limatahap, yaitu: uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh secara signifikan disposisi matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dimanabesar pengaruh disposisi matematis dan self concept secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 83,1%. Selanjutnya, ada pengaruh secara signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dimanabesar pengaruh disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 42,1%. Terakhir, ada pengaruh secara signifikan self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, dimana besar pengaruh self concept terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 41%.

Kata Kunci: Disposisi Matematis, Self Concept, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

References


Delina, dan Rohaeti. Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Pendekatan Realisitic Mathematic Education. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif Vol. 1, No.3, (http://pdfs.semanticsholar.org/95af/3e6459fa0c7b4e4b511bffcb243b6768e1cd.pdf diakses 11 Februari 2021)

Hendriana, Heris, H., Euis, E., R., & Utari, S. Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Lestari, Eka Karunia dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rahma, Nur. 2013. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-khawarismi, Volume 2:1-10.(online). (http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khawarismi/article/view/88. diakses 11 Februari 2021)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, Cv: Jl. Gegerkalangkong Hilir No. 84.

Widarto. 2013. Penelitian Expost Facto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wulandari, Tri dan Hidayati, Nita. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Karawang Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita dengan Materi Aritmatika Sosial.Jurnal Sesiomadika. (http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika. diakses 11 Februari 2021)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.