Tindak Tutur Ujaran Kebencian (Hate Speech) Di Akun Instagram Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Tentang Covid-19

Mia Diarty Rahmasari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ujaran kebencian dan mendeskripsikan makna tindak tutur ujaran kebencian akun Instagram Kemenkes RI tentang Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam mengumpulkan data tentunya peneliti menggunakan teknik studi dokumentasi. Hasil penelitian dalam penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yaitu: (1) bentuk tindak tutur ujaran kebencian akun Instagram Kemenkes RI tentang Covid-19, (2) makna tindak tutur ujaran kebencian akun Instagram Kemenkes RI tentang Covid-19. Bentuk tindak tutur ujaran kebencian akun Instagram Kemenkes RI tentang Covid-19 dalam penelitian ini terdiri dari tiga kalimat yang membahas: (1) kalimat berita (deklaratif), (2) kalimat tanya (interogatif), dan kalimat perintah (imperatif). Makna tindak tutur ujaran kebencian akun Instagram Kemenkes RI tentang Covid-19 di antaranya adalah (1) langsung, dan (2) tidak langsung. Dari analisis yang penulis lakukan dalam penelitian tindak tutur ujaran kebencian akun Instagram Kemenkes RI tentang Covid-19, dapat penulis simpulkan bahwa hendaknya pembaca menjadi paham dan menyadari terkait gambaran ujaran kebencian di media sosial yang saat ini menjadi permasalahan di bidang bahasa dan hukum.

Kata kunci: tindak tutur, ujaran kebencian, Instagram

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. (2011). Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus. 2014. Tindak Komunikasi Terapis Dalam Intervensi Klinis Anak Autis Gngguan Komunikasi: Universitas Negeri Malang https://www.google.com/search?q=komunikasi+klinis&oq=komun&aqs=chrome. Diakses pada 01 Juli 2021.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2010. Memahami Bahasa Anak-anak: Sebuah Kajian Analisis Wacana Panduan Bagi Guru, Orangtua, Mahasiswa Jurusan Bahasa. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rahardi, K. (2005). Pragmatik : kesantunan imperatif bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.