Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP Negeri 1 Dau

Koviva Wijayanti, Surahmat Surahmat, Isbadar Nursit

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self efficacy siswa dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self efficacy siswa pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif- kualitatif. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, angket, dan wawancara. Instrumennya adalah soal tes, angket, dan pedoman wawancara. Hasil peneitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat self efficacy yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara- cara yang dilakukan oleh siswa dalam menjawab soal tes kemampuan pemecahan masalah. Adapun cara-cara tersebut yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan mengecek kembali. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis pada setiap klasifikasi tingkat self efficacy yaitu 80,8 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 70,7 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 63,1 untuk tingkat klasifikasi rendah.

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, self efficacy, himpunan


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Mohamed Z., & Ghani S. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBM) Pada Siswa sekolah Menengah Pertama . Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2(1): 79-102

Aziz, Abd. 2018. Landasan Pendidikan. Ciputat: HAJA Mandiri

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Hadi, S. & Radiyatul. 2014. Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (1): 53-61.

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta

Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayah, Isti., & Rif’ah. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self Efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 5 (2): 178-183

Jatisunda, M. G. 2017. Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics). Vol 1 (2): 24-30

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Marasabessy, Rosida. 2020. Kajian Kemampuan Self Efficay Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA). Vol 3 (2): 168-183

Nadia, Lana Najiha, dkk. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik Melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol 6 (2): 242-250.

Nissa, Ita Chairun. 2015. Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). Lombok: Duta Pustaka Ilmu.

Riyadi, Iswan. 2019. Model Pembelajaran Berbasis Metakognisi untuk Peningkatan Kompetensi Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Setiawan, Y. E. (2020a). Analisis Kemampuan Siswa dalam Pembuktian Kesebangunan Dua Segitiga. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 23–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.80

Setiawan, Y. E. (2020b). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Linier. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4(2), 180–194. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3386

Subaidi, Agus. 2016. Self Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma. Vol 1 (2): 64-68

Widiastuti, dkk. 2018. Analisi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa SMP pada Aritmatika Sosial. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN). Vol 4 (1): 35-44


Refbacks

  • There are currently no refbacks.