KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA

Siti Ummu Habibah, Abdul Halim Fathani, Isbadar Nursit

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa dan 2) mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dengan resiliensi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif. Subjek penelitian merupakan tiga siswa kelas IX SMP/MTs yang bertempat tinggal di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al-Hikmah yang memiliki klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan soal tes, wawancara, dan kuesioner kemampuan berpikir kreatif matematis untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian akan dideskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa dan setelah itu mencari tahu  apakah ada hubungan atau tidak antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa 1) subjek dengan resiliensi matematis tinggi memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis tingkat 3 (kreatif) yang mampu memenuhi semua indikator (indikator lancar, indikator luwes, indikator orisinal, dan indikator memperinci) dengan pencapaian masing-masing indikator dengan baik, kemudian subjek dengan resiliensi matematis sedang memiliki kemampuan berpikir matematis tingkat 1 (kurang kreatif) yang hanya memiliki dua dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif matematis (indikator lancar dan indikator luwes), dan subjek dengan resiliensi matematis rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif maematis tingkat 2 (cukup kreatif) yang mampu memenuhi semua indikator namun pencapaian dua indikator dari empat indikator belum baik (indikator orisinal dan indikator memperinci). 2) pada Subjek ST dapat ditemukan bahwa antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis memiliki hubungan, sedangkan pada Subjek SS, dan Subjek SR ditemukan bahwa antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan resiliensi matematis tidak memiliki hubungan.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, resiliensi matematis


Full Text:

PDF

References


Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. PT Refika Aditama.

Hutauruk, A. J. B., & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012067

Johnston-Wilder, S., Goodall, J., & Almehrz, H. (2018). Overcoming Statistical Helplessness and Developing Statistical Resilience in Learners: An Illustrative, Collaborative, Phenomenological Study. Creative Education, 09(07), 1105–1122. https://doi.org/10.4236/ce.2018.97082

Krisnayana, Antari, M., & Dantes, N. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Dengan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri 3 Singaraja. E-Journal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1).

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016. (2016). bnsp-indonesia.org

Lestari, K. E., & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook. SAGE Publication.

Pratiwi, I., Yulianti, D., & Fitrianna, A. Y. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs DITINJAU DARI KEMAMPUAN RESILIENSI MATEMATIK SISWA. 1(2), 171–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Siswono, T. Y. E., & Budayasa, I. K. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Matematika. Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII Dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 1–16. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper06_implementasiteori.pdf%0A


Refbacks

  • There are currently no refbacks.