ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JABUNG TAHUN 2020

Anita Candra Dewi Putri Purnama, Zainal Abidin, Siti Nurul Hasana

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematis materi statistika ditinjau dari motivasi belajar dan 2) untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung materi statistika ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung yang sudah mengisi kuesioner motivasi belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis materi statistika kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) cara-cara yang digunakan oleh peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi dan motivasi belajar tinggi, rata-rata hanya dapat memenuhi 2 indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang dengan motivasi belajar sedang, rata-rata hanya dapat memenuhi 1 indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah dan motivasi belajar rendah, rata-rata tidak dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. 2) Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, pada umumnya memiliki motivasi belajar sedang. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, pada umumnya memiliki motivasi belajar sedang. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, pada umumnya memiliki motivasi belajar rendah.

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi belajar, statistika


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z dan Walida, S.E. 2019. Interactive E-Module Model of

Transformation Geometry Based on Case (Creative, Active,

Systematic, Effective) as A Practical and Effective Media to

Support Learning Autonomy and Competence. International

Journal of Development Research. Vol 9(01):25156-25160.

(http://www.journalijdr.com).

Agsya, F.M., Maimunah, dan Yenita R. 2019. Analisis Kemampuan

Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa MTs.

Symmetry. Vol 04(2):31-44.

Harususilo, Yohanes Enggar. 4 Desember 2019. Skor PISA Terbaru, Ini 5

PR Besar Pendidikan pada Era Nadiem Makarim. [online].

Tersedia di

https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/04/13002801/skor-

pisa-terbaru-indonesia-ini-5-pr-besar-pendidikan-pada-era-

nadiem-makarim?page=all, [Diakses pada tanggal 4 Juli 2020].

Hendriana dkk. 2018. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa.

Bandung: PT Refika Aditama.

Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Polya, G. 1957. How to Solve It : A New Aspect of Mathematical Methode.

Amerika : United State of America

Supriadi, N dan Damayanti, R. 2016. Analisis Komunikasi Matematis

Siswa Lamban Belajar dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 07(1):1-16.

Tampomas, H. 2003. Sukses Ulangan dan Ujian Sistem

Persamaan Linear, Statistika untuk SMU dan Sederajat Shortest

Method (Sukses Menghadapi Ulangan Harian, Ulangan Umum,

UAN, SPMB). Jakarta: Grasindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.