ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP 8 MUHAMMADIYAH BATU

Astri Megasari, Zainal Abidin, Siti Nurul Hasana

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal berbentuk pemecahan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) pada materi pola bilangan peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Subyek penelitian adalah 27 peserta didik kelas VIII SMP 8 Muhammadiyah Batu. Subyek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan ke dalam klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subyek lainnya dan selanjutnya dikelompokkan ke dalam klasifikasi tingkat Adversity Quotient (AQ) climbers, camper, dan quitters. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subyek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memahami masalah, merencanakan cara penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah, dan mengulang kembali hasil dan proses. Hasil rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada setiap klasifikasi tingkat kemampuan pemecahan masalah yaitu 81,17 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 77 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,21 untuk tingkat klasifikasi rendah.

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, Adversity Quotient (AQ), pola bilangan


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z dan Walida, S.E. 2019. Interactive E-Module Model of Transformation Geometry Based on Case (Creative, Active, Systematic, Effective) as A Partical and Effective Media to Support Learning Autonomy and Competence. International Journal of Development Research, Volume 9, Issue 01, pp.25156-25160, January 2019. (http://www.journalijdr.com)

Hendriana, H., Rohoeti, E.E., dan Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, W. dan Ratna, S. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open-Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Swadaya Gunung Jati. Cirebon.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Afika Aditama.

Siagian, M.D. Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol 2 (1):58.

Stoltz, P.G.2000. Adversity Quotient Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.

Polya, G. 1957. How To Selve It. Peinceton University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.