PENGARUH STATUS PENDIDIKAN, EKONOMI, DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP STATUS GIZI ANAK BALITA DI KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

Zaza Saskia Ayu Wandani, Erna Sulistyowati, Dewi Martha Indria

Abstract


Pendahuluan: Prevalensi balita dengan malnutrisi di Indonesia masih cukup tinggi, dan salah satu wilayah dengan prevalensi stunting yang tinggi adalah Kecamatan Pujon Kabupaten Malang Jawa Timur. Banyak faktor yang mempengaruhi malnutrisi, antara lain asupan gizi, tingkat pendidikan, pekerjaan, pengetahuan, dan pola pengasuhan. Belum ada data tentang bagaimana hubungan antara status pendidikan, ekonomi, dan pola asuh orang tua terhadap status gizi anak balita di Kecamatan Pujon. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal tersebut.

Metode: Desain penelitian ini adalah observasional analitik dengan metode cross-sectional. Pengambilan sampel melalui metode purposive sampling melalui kriteria inklusi yang sudah ditetapkan. Terdapat 144 responden yang memenuhi kriteria yang domisilinya di Desa Pandesari, Madiredo, dan Tawangsari Kecamatan Pujon. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel (r hitung>r tabel). Analisa data penelitian menggunakan uji Kruskal Wallis dan Somers’ D, hasilnya signifikan apabila nilai p lebih dari 0,05.

Hasil: Terdapat hasil signifikan pada hubungan antara status ekonomi orang tua dengan status gizi anak balita dengan nilai p 0,037. Sedangkan tidak terdapat hubungan antara status pendidikan dan pola asuh orang tua dengan status gizi anak balita dengan nilai p masing-masing 0,722 dan 0,077.

Kesimpulan: Status gizi anak balita lebih dipengaruhi oleh status ekonomi orang tua dan tidak dipengaruh oleh status pendidikan maupun pola asuh orang tua.

Kata Kunci: Status Gizi, Tingkat Pendidikan, Status ekonomi, Pola Asuh Orang Tua.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.