Pengaruh Metode Ekstraksi (Dekoktasi, Infudasi, dan Microwave) Terhadap Aktivitas Antioksidan Pada Rumput Laut Gracilaria verrucosa

Fandaratsani Tsaqif Ibrahim, Zainul Fadli, Yoni Rina Bintari

Abstract


Latar Belakang: Gracilaria verruccosa yang berasal dari perairan laut Ngemboh Gersik diduga memiliki aktivitas antioksidan. Namun, kadar antioksidan akan berbeda bergantung dari metode ekstraksi. Ekstraksi G. verrucosa dilakukan dengan berbagai variasi metode. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode yang paling efektif dalam memperoleh antioksidan dari G verruccosa.

Metode: Penelitian eksperimental di laboratorium menggunakan G. verrucosa yang dilakukan secara in vitro. Ekstraksi G. verrucosa dilakukan dengan metode dekoktasi, infudasi, dan microwave. Uji senyawa aktif menggunakan metode fitokimia. Uji aktivitas antioksidan ekstrak G. verrucosa dengan metode 1,1-difenil-2-pikrilhidradrazil (DPPH) yang diukur dengan menggunakan spektrofotometri UV-Vis dengan panjang gelombang 517 nm. Uji struktur senyawa aktif dilakukan dengan menggunakan gas chomatography mass (GC-MS). Data dianalisis menggunakan one way anova dengan least signifikan difference (LSD) hasil dinyatakan bermakna bila p<0.05.

Hasil: Hasil ekstraksi dekoktasi memiliki nilai rendemen tertinggi 60%. Uji fitokimia didapatkan senyawa metabolit sekunder meliputi flavonoid, alkaloid dan terpenoid. Uji one way anova didapatkan (p<0.05) terdapat perbedaan yang signifikan. Uji aktivitas antioksidan didapatkan Nilai IC50 metode dekoktasi 8,29 ppm, infudasi 21,62 ppm, microwave 10,402 ppm. Uji GC-MS ekstrak G. verrucosa dengan pelarut air terdeteksi adanya senyawa bezenedyccarboxylic acid, Octadeceonic Acid, Hexadeceonic Acid.

Kesimpulan: Metode Ekstraksi dekoktasi menghasilkan aktivitas antioksidan tertinggi dibanding dengan metode infudasi dan microwave. Ekstrak G. verrucosa memiliki aktivitas penangkapan radikal DPPH dan uji GC-MS ekstrak G. verrucosa dengan metode dekoktasi menunjukkan adanya senyawa aktif berupa asam bezenedyccarboxylic.

Kata kunci: Gracilaria verrucosa, Fitokimia, DPPH, Antioksidan, GC-MS.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.