PEMBELAJARAN ALQUR’AN METODE AN NASHR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA AN NASHR KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG

Ifan Nazilatul Badi'ah, Muhammad Hanif, Ika Anggraheni

Abstract


Learning the Qur'an needs to be introduced to children from an early age. The method used must be in accordance with the characteristics of early childhood, which is fun and carried out repeatedly. The method of learning the Qur’an An Nashr according to the needs of the child is carried out repeatedly, read part of mufrodat and the child can understand its meaning. Qualitative research methods with the type of case studies are very appropriate to describe the implementation, stages and effectiveness of the An Nashr method. The research was carried out at RA Nashr, Wajak District, Malang Regency. The results of the study, namely the An Nashr method, can improve children's Memorization of the Qur'an, language and cognitive abilities of early childhood

 


Full Text:

PDF

References


Anggraheni, Ika. 2019. Profil Perkembangan Motorik Halus Dan Kreatifitas Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Cooking Class. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 1.

Busthomi, M. Yazid. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Citra Publishing.

Dhieni, Nurbiana dkk.(2018). Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Penebit Universitas Terbuka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Permendiknas 58 tahun 2009 tentang

Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek, Jakarta: Bumi Aksara

Hanief, M. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kependidikan dan Keislaman FAI UNISMA, 10(2), 1–19.

Hafizah, Mohamad Nur. (2020). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Al Bayan

htppstps://mudarwan.files.wordpress.com/2015/02/permendikbud_tahun2014_nomor146_lampiran_i.pdf diakses pada tanggal 30 Juni 2022

Jejak Pendidikan (2018). http://www.jejakpendidikan.com/2017/11/macam-macam-metode-pembelajaran-al-quran.html) diakses pada tanggal 30 Juni 2022

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masitoh dkk, (2015). Strategi Pembelajaran TK. Tangerang: Universitas Terbuka

Mulyani dkk, (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storrytelling Techniques. Jurnal Obsesi, Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Volume 2 Issue 2 Pages 202-2010

Mulyani. Novi. (2012). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Purwokerto: Penerbit Gava Media.

Mukrimaa, Syifa S, (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sarlito, Irwan. 2000. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Setiawan, Eko. (2020). Metode Al Bayyan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Thufuli, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 Nomer 2 Tahun 2020

Sujiono, Y. N. (2016). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Taufik, Muhammad. (2017). Belajar Cepat dan Mudah Terjemah Al Qur’an Metode An Nashr. Malang: Lembaga Pesantren dan Pendidikan An Nashr

Zaman, B., & Hernawan, A. H. (2014). Media & Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.