PEMBELAJARAN ALQUR’AN METODE AN NASHR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI RA AN NASHR KECAMATAN WAJAK KABUPATEN MALANG
Abstract
Learning the Qur'an needs to be introduced to children from an early age. The method used must be in accordance with the characteristics of early childhood, which is fun and carried out repeatedly. The method of learning the Qur’an An Nashr according to the needs of the child is carried out repeatedly, read part of mufrodat and the child can understand its meaning. Qualitative research methods with the type of case studies are very appropriate to describe the implementation, stages and effectiveness of the An Nashr method. The research was carried out at RA Nashr, Wajak District, Malang Regency. The results of the study, namely the An Nashr method, can improve children's Memorization of the Qur'an, language and cognitive abilities of early childhood
Full Text:
PDFReferences
Anggraheni, Ika. 2019. Profil Perkembangan Motorik Halus Dan Kreatifitas Anak Kelompok B Dalam Kegiatan Cooking Class. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 1.
Busthomi, M. Yazid. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Citra Publishing.
Dhieni, Nurbiana dkk.(2018). Metode Pengembangan Bahasa. Banten: Penebit Universitas Terbuka.
Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Permendiknas 58 tahun 2009 tentang
Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek, Jakarta: Bumi Aksara
Hanief, M. (2016). Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran. Jurnal Kependidikan dan Keislaman FAI UNISMA, 10(2), 1–19.
Hafizah, Mohamad Nur. (2020). Mendidik Anak Bersama Rasulullah. Bandung: Al Bayan
htppstps://mudarwan.files.wordpress.com/2015/02/permendikbud_tahun2014_nomor146_lampiran_i.pdf diakses pada tanggal 30 Juni 2022
Jejak Pendidikan (2018). http://www.jejakpendidikan.com/2017/11/macam-macam-metode-pembelajaran-al-quran.html) diakses pada tanggal 30 Juni 2022
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masitoh dkk, (2015). Strategi Pembelajaran TK. Tangerang: Universitas Terbuka
Mulyani dkk, (2018). Al-Quran Literacy for Early Childhood with Storrytelling Techniques. Jurnal Obsesi, Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Volume 2 Issue 2 Pages 202-2010
Mulyani. Novi. (2012). Perkembangan Dasar Anak Usia Dini. Purwokerto: Penerbit Gava Media.
Mukrimaa, Syifa S, (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sarlito, Irwan. 2000. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya
Setiawan, Eko. (2020). Metode Al Bayyan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Thufuli, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 Nomer 2 Tahun 2020
Sujiono, Y. N. (2016). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Taufik, Muhammad. (2017). Belajar Cepat dan Mudah Terjemah Al Qur’an Metode An Nashr. Malang: Lembaga Pesantren dan Pendidikan An Nashr
Zaman, B., & Hernawan, A. H. (2014). Media & Sumber Belajar PAUD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.