Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Batu Chocolate (Studi Kasus UMKM MANDIRI SUKSES)

Selfiyah Selfiyah, M Noerhadi Sudjoni, Sri Hindarti

Abstract


ABSTRAK
UMKM Mandiri Sukses is one of the UMKM that producessed various processed snacks (snacks) from apple,such as apple chocolate, apple dodol chocolate, apple brownies, crispy apples to poor teng. However, there is one problem in the existence of a marketing procces where cosumers who are satisfied with products and reuse services when teh same need reappears in the future Conversely, if consumers tend not to return in the future. This means that cusyomer satisfaction is a key faktor for consumers in making repeat purchases, which is the largest portion of the company’s sales volume. The purpose of this study was to determine customer perseptions of Batu Batu Chocolate product and to analyze the influence of the marketing mix on consumer satisfaction with Batu Chocolate products at the Mandiri Sukses UMKM Batu City. The location of this research was conducted in Tlekung, Junrejo District, Batu City. Data analysis used descriptive kuantitatif analysis. The results showed that the coefficient of determination (r2) obtained from this analysis was 0.604, which means 60.4%. The results of the simultaneous test of multiple linear regression analysis are obtained F count of 20,008 with a significance level of 0,000. This indicates that the significance level is less than 0.05 (0.000 <0.05). From these results it can be interpreted that product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), process (X6) and physical evidence (X7) simultaneously influence consumer satisfaction for Batu Chocolate products . The results of the partial test of multiple linear regression analysis of the product variable (X1) and physical evidence (X7) have a statistical t value above 1.96 with a significance below 0.05, meaning that it has a significant effect. While the variable price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5) and process (X6) has a statistical t value below 1.96 with a significance above 0.05, meaning that it has no effect on consumer satisfaction (Y) for batu chocolate products in UMKM Mandiri Sukses.

Kata Kunci: Effect of marketing mix on consumer satisfaction

ABSTRAK
UMKM Mandiri Sukses merupakan salah satu UMKM memproduksi berbagai olahan camilan (snack) oleh-oleh dari buah apel seperti cokelat apel, cokelat dodol apel, brownis apel, apel krispi hingga teng-teng malangan. Namun dengan adanya salah satu masalah dalam adanya proses pemasaran dimana akan adanya konsumen yang puas terhadap produk dan jasa pelayanan cenderung untuk membeli kembali produk dan menggunakan kembali jasa pada saat kebutuhan yang sama muncul kembali dikemudian hari. Sebaliknya Jika konsumen tidak merasa puas dengan proses pemasaran tersebut maka konsumen cenderung utuk tidak kembali dikemudian hari. Hal ini berarti kepuasan konsumen merupakan faktor kunci bagi konsumen dalam melakukan pembeliaan ulang yang merupakan porsi terbesar dari volume penjualan perusaahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap produk Batu Batu Chocolate dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhaadap kepuasan konsumen pada produk Batu Chocolate di UMKM Mandiri Sukses Kota Batu. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo Kota Batu. Analisis data mengguankan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) yang diperoleh dari analisis ini adalah 0.604 yang berarti bahwa 60.4%. Hasil uji simultan analisis regresi linear berganda yaitu diperoleh F hitung sebesar 20.008 dengan tingkat signifikansi 0.000. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat signifikansi kurang dari 0.05 (0.000 < 0.05). Dari hasil tersebut dapat diartikan bahwa produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen produk Batu Chocolate. Hasi uji parsial analisis regresi linear berganda variabel produk (X1) dan bukti fisik (X7) yang memiliki nilai t statistik diatas 1.96 dengan signifikansi dibawah 0.05, artinya berpengaruh signifikan. Sedangkan variabel harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5) dan proses (X6) memiliki nilai t statistik dibawah 1.96 dengan signifikansi diatas 0.05, artinya tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y) produk batu cokelat di UMKM Mandiri Sukses.

Kata Kunci: Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) terindek oleh:

                    

 

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.