EVALUASI PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT ( Studi Pada Instalasi Rawat Inap di RSUD Dr Saiful Anwar Malang)

Yela Ardila Puspitasari, Slamet Muchsin, Roni Pindahanto

Sari


Latar belakang penelitian ini mengetahui kinerja pelayanaan di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang dalam bidang kesehatan yang telah memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dari waktu yang lama hingga sekarang. Hal tersebut yang mendorong organisasi publik berkompetisi untuk memberikan pelayanan publik yang lebih optimal. Salah satunya yakni Rumah Sakit yang memberikan layanan yakni kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis evaluasi pelaksanaan pelayanan rumah sakit, mengetahui  tingkat kepuasan pasien pengguna layanan kesehatan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan dalam meningkatkan  kualitas instalasi rawat inap di RSUD Dr Saiful Anwar Malang, mengetahui dan memahami kendala apa saja yang dihadapi dalam pelayanan kesehatan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pedekatan kualitatif. Lokasi penelitiannya adalah Kota Malang dengan situs RSUD Dr. Saiful Anwar Malang. Jenis data penelitian ini yakni data primer dan sekunder dengan sumber data yang berasal dari people (informan), paper (dokumen) dan place (tempat). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yakni peneliti sendiri, interview guide dan alat dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model fenomologi yang dikemukakan oleh Miles, M. B. &Huberman, M.A. (1992:16)

Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pelayanan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang sudah terlaksana dan tercapai dengan baik namun masih terdapat indikator kinerja yang belum tercapai. Faktor pendukung internal dalam layanan tersebut yakni kemampuan atau kualitas serta sarana dan prasarana memadai sedangkan faktor eksternalnya yakni partisipasi masyarakat dan kerjasama dengan instansi terkait. Faktor penghambat pelaksanaan layanan secara internal yakni pengawasan dalam pelayanan sedangkan secara eksternal yakni kepuasan pelayanan di rumah sakit. Hal tersebut perlu dijadikan bahan koreksi bagi rumah sakit untuk lebih meningkatkan pelayanan publik kedepannya.

 

Kata Kunci: Evaluasi Kinerja Pelayanan,  Kepuasan Pasien.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aditama, Tjandra Yoga. 2002 . Manajemen administrasi rumah saki. Edisi Kedua. Ui Press, Jakarta

Agus, Erwan Purwanto dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2012. Implementasi Kebijakan Publik.Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media

Arwani & Supriyatno (2006). Manajemen bangsal keperawatan. (Cetakan Pertama). Jakarta: EGC

Azwar,Azrul.1996.pengantarAdministrasi Kesehatan, edisi ketiga. Binarupa Aksara.jkt

Azwar, Azrul, 1996, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

Barata, Atep Adya, 2003, Dasar-dasar Pelayanan Prima, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

F. Marbun, 2003 Hukum Administrasi Negara II, FH UII Press Yogyakarta

Hayat. 2017. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta: Rajawali Pers

ImbaloS.pohan 2007.Jaminan Layanan Kesehatan.Yogyakarta; penerbit kedokteran. Hal 216

Marimbi, Hanum.2009.Sosiologi Dan Antropologi Kesehatan.Yogyakarta:Nuha Medika.

Moenir. 1998. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Rosni Faika, O. S. 2009. Kepuasan Pelanggan Internal. Bagian/Instalasi Patologi Klinik FK UGM/RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta, 47.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Refoemasi Birokrasi dan kepemimpinan Masa Depan (mewujudkan pelayanan prima, dan kepemerintahan yang baik). Bandung: Refika Aditama

Soekidjo Notoatmodjo. 2008. Soiologi untuk kesehatan. Salemba medika. Jakarta

Supranto. (1997). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta; Rineka Cipta

Supranto.J.2001 Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan edisi ke-2, penerbit Rineka Cipta.Jakarta

Widodo, Eko. (2015) “Hubungan Response Time perawat dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan pelanggan di IGD RS. Panti Waluyo, Surakarta”. http”//digilib.stikeskusumahusada.ac.id (Diakses 30 oktober 2018)

Wirawan.2011. Evaluasi, Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulim, Perpustakaan, dan Buku Tes. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wirawan. 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat

Yamit, Zulian 2001. Manajemen kualitas produk dan jasa. Yogyakarta Penerbit ekonisia

Sumber Jurnal

Dicky Zulkifly, 2010. “Efektifitas Pelayanan Pegawai Medis Ruang Rawat Inap Kelas III Periode Juni Sampai Dengan Desember 2009 di RSUD Serang”.

Aprilia Wulandary (2012) “Evaluasi Kinerja Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Haji Jakarta Dengan Tolak Ukur Metode BALANCE SCORECARD Tahun 2010 – 2011”.

Santosa (2011) dengan judul penelitian “Penilaian Kualitas Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat di wilayah Sumatera Utara”.

Sumber Undang undang

Implementasi pasal 19 ayat (2) pasal 22 ayat (1) undang-undang nomor 40 tahun 2004

Keputusan walikota Metro Nomor 36/KPTS/D-2/04/2012 Tentang penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Masyarakat Semesta di Kota Metro Tahun 2012

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes /SK/XI 2004

Keputusan MENPAN NO. 63/KEP/M.PAN/7/2003

Peraturan menteri perdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.16 Tahun 2014 tentang pedoman Kepuasan Masyarakat terhadap penyelenggaraan Pelayanan Publik.

SK menteri negara Pendayagunaan Aparatur Negara No. 81/1993 tentang Pedoman Tata laksana Pelayanan Umum.

SK Direktur RSU Dr. Saiful Anwar Malang tentang Pedoman Survey Kepuasan Pelanggan Dalam Standar Pelayanan Minimal di Lingkungan RSUD Dr. Saiful Anwar Malang.

UU nomor 25 tahun 2009 bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik wajib menyusun, menetapkan dan menerapkan standar pelayanan

Sumber Internet:

Depkes RI.2009.diakses dariwww.ighealthPada tanggal 30 oktober 2108

http://wikepedia.org/wiki/kesehatan pada tanggal 30 oktober 2018

RSUD Dr Saiful Anwar Malang. http://rssaifulanwarmalang.com/ (diakses pada tanggal 20 April 2019)


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.