RESPONS BADAN KEPEGAWAIAN DAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA KABUPATEN MALANG TERHADAP PENURUNAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN PUBLIK

Viki Anggraeni Ayu Vendita, Afifuddin Afifuddin, Hirshi Anadza

Sari


Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang termasuk dalam perangkat daerah yang melakukan pelayanan publik dalam bentuk pelayanan kepegawaian. Strategi yang dirancang oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang Tahun 2016-2021 mengarah pada pembangunan Manajemen Sumber Daya Aparatur Sipil Negara. Namun, diketahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada kantor BKPSDM Kabupaten Malang tahun 2019 hingga 2021 mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi tindaklanjut sebagai respons Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Malang terhadap penurunan Indeks Kepuasan Masyarakat, serta mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi penurunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Penenelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunujukan bahwa (1) Outcome based performance atau hasil kinerja kantor BKPSDM Kabupaten Malang terlaksana dengan baik, sesuai dengan hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang mendapat mutu pelayanan B atau “baik”. Penerapan strategi reactor defender kantor BKPSDM Kabupaten Malang sebagai bentuk respons dalam penurunan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM); (2) beberapa unsur pelayanan menjadi faktor yang mempengaruhi penurunan IKM yaitu waktu pelayanan, prosedur, persyaratan.

 

Kata Kunci : Respons Instansi Pemerintah, Pelayanan Publik, Indeks Kepuasasan Masyarakat (IKM)


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sumber Buku :

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi : CV. Jejak.

Frida, Catharina Vista Okta. 2020. Manajemen Kinerja. Guepedia.

Hartono, Jogiyanto. 2018. Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Yogyakarta : Andi.

Kartono, Salim. 2008. Daring To Begin : Berani Memulai, Berani Sukses. Jakarta Selatan : Trans Media Pustaka.

Mardiasmo. 2021. Otonomi dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Manurung, Laurensius. 2010. Strategi dan Inovasi Modal Bisnis Meningkatkan Kinerja Usaha. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Mulyawan, Rahman. 2016. Birokrasi dan Pelayanan Publik. Bandung : UNPADPRESS.

Pearce II, John dan Robinson, Richard B. 2008. Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat.

Ramdhan, Muhammad. 2021. Metode Penelitian. Surabaya : Cipta Media Nusantara.

Saifuddin, Ahmad. 2020. Penyusunan Skala Psikologi. Jakarta : Kencana.

Silalahi, Elvie Maria. 2021. Improve Your Employee Productivity and Performance. Deepublish.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharli, J.L. Michell. 2013. Awareness. Gramedia Pustaka Utama.

Taufiq, Mohamad Wirzal. 2016. Liver Your Highest Value. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wijayanto, Dian. 2012. Pengantar Manajemen. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Sumber Artikel :

Dewi, Ratna Sari. Proyeksi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Ombudsman [Internet], 24 januari. Available from : .

Undang-undang :

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. 2004. Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Peraturan Bupati Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia.

Peraturan Pemerintah (PP) No. 30 Tahun 2019 tentang penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

Undang-undang Nomor 5 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik Pasal 1 ayat (1).

Sumber Internet :

Bkpsdm.malangkab.go.id.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.