GAYA KEPEMIMPINAN KARISMATIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (Studi pada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mojokerto Masa Jabatan Tahun 2019-2020)

Ulfa Safitri, Hayat Hayat, Hirshi Anadza

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk membahas tentang bagaimana gaya kepemimpinan karismatik dalam meningkatkan kinerja pegawai pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten mojokerto. Gaya kepemimpinan karismatik memiliki daya tarik, kewibawaan dan pengaruh yang sangat besar bagi suatu organisasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dimana peneliti memanfaatkan sumber informasi dilapangan guna mencari informasi sedalam mungkin. Dalam prakteknya, kinerja pegawai dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kabupaten Mojokerto sudah sangat baik setelah pergantian kepemimpinan masa jabatan baru, dilihat dari peningkatan kualitas kinerja, pencapaian prestasi kerja pegawai dari tahun 2018 sampai dengan 2020 menglami peningkatan yang sangat baik. Walaupun masih ada beberapa yang belum maksimal dalam pelaksanaannya disebabkan oleh hal-hal tertentu. Adapun pelaksanaan kinerja pegawai meliputi ketepatan waktu, absensi ideal, serta peningkatan dalam laporan prestasi kerja pegawai

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Karismatik dan Kinerja Pegawai


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku :

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Conger, Jay A. Kanungo, Rabindra N, 1998. Charismatic Leadership In Organizations, Institusi Sage.

Departemen Pendidikan Nasional, 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Hayat, 2017. Manajemen Pelayanan Publik. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta

Hayat, 2018. Kebijakan Publik; Evaluasi, Reformasi, Formulasi. Malang: Intrans Publishing.

Hayat, 2018. Reformasi Kebijakan Publik: Perspektif Makro dan Mikro. cetakan ke 1. Jakarta: Badan Penerbit Prenada media Group.

Hayat, Suratman. umi salamah, 2019. Hukum dan kebijakan publik. Bandung: PT Refika Aditama

Ivancevich, dkk. 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi Jilid 1 Edisi Ketujuh. Jakarta : Erlangga

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Evaluasi kinerja SDM. Bandung : PT Refika Aditama.

Mangkunegara, Anwar P 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1997

Max Weber, 1947. The Theory of Social and Economic Organization. Diterjemahkan oleh A.M. Henderson dan Talcott Parsons. New York USA: Oxford University Press.

Miles, M.B Huberman, A.M dan Saldana, J 2014 Qualitative Data Analysyis A Methods Sourcebook, edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjejep Rohindi Rohidi

Moleong, Lexy. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. 1996. Perilaku Organisasi. Prenhallindo. Jakarta

Robbins, S. 2002. Perilaku Organisasi: Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Robbins, S. 2003. Organizational Behavior, 10th ed: Prentice Hall

Sinambela, L. P. (2014). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sofyandi dan Garniwa, 2007. Perilaku Organisasional. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sulistyani, Ambar T. dan Rosidah. 2003. Manajemen Sumber daya Manusia. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sutopo dan Suryanto, Adi. (2006). Pelayanan Prima: Modul Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara

Terry R. George dan Rue W. Leslie, 2005. Dasar-Dasar Manajemen, edisi kesembilan. Jakarta: Pt Bumi Aksara

Tjuju Yuniarti & suwatno, 2008, manajemen sumber daya manusia teori, aplikasi dan isu penelitian, Bandung: CV. Alfabeta hal 165

Trice, H. M., & Beyer, J. M. (1993). The cultures of work organizations. Prentice-Hall, Inc.

Wursanto. 2002. Dasar-dasar Ilmu Organisasi, Yogyakarta: Andi Offset

Yukl, Gary. 2010. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.

Jurnal :

Hayat, 2014. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pelayanan Publik Dalam Kerangka Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Jurnal Vol. 8 No. 1 Juni 2014, Hal 31-44.

Hayat, 2003. Profesionalitas dan Proporsionalitas: Pegawai tidak tetap dalam Penilaian Kinerja Pelayanan Publik, Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. 7 (2): 24-39.

Hayat, 2013. Profesionalitas dan Proporsionalitas: Pegawai Tidak Tetap Dalam Penilaian Kinerja Pelayanan Publik. Civil Service. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. Vol.7 No. 2, Edisi November.

Hayat, 2014. Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Aparatur Pelayanan Publik Dalam Kerangka Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara. Civil Service. Jurnal Kebijakan dan Manajemen PNS. Vol. 8 No.1 Juli.

Hayat, 2015. Revitalisasi Aparatur Sipil Negara Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Menuju “Good Governance”. Prosiding Seminar Nasional Kesiapan Indonesia: Harmonisasi Hukum Negara-Negara ASEAN Menuju Komunitas ASEAN 2015. Auditorium Muhammad Djasman Al-Kindi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 28 Januari 2015. hal. 41-54.

Hayat, 2017. Peneguhan Reformasi Birokrasi melalui Penilaian Kinerja Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 20(2), 175.

Kusuma Dirk Malaga, 2013. Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Di Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kutai Timur. Administrasi Negara, 1(1): 1388 – 1400.

Penny petyowati Nugraheny, 2009. Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja, Dukungan Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. thesis, universitas diponegoro semarang

Sari R. N I dan Hady S. H. 2016. Peningkatan Kinerja Pegawai melalui Kerja dan Disiplin Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1) : 204 – 215.

Setiawan Eko Budi, 2018. Pengaruh Implementasi Kepemimpinan Karismatik Kyai Dan Etika Kerja Islami Terhadap Kinerja Pegawai Pondok Pesantren Nurul Islam Jember. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Jember

Suryanto, 2014. Pencapaian Target Standar Pelayanan Minimal (SPM): Apa yang terjadi?. Jurnal Transformasi Administrasi. Vol. 4 No. 1, hal. 627-648.

Umaroh, Anisa 2014 Pengaruh Kepemimpinan Karismatik Terhadap Kinerja Karyawan Pondok Pesantren Al Muayyad Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Watkaat Adreas Jidon, 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Motivasi, dan Kemampuan Kerja terhadap Kinerja PNS pada Kantor UPTD DIKPORA. Tesis, Program Studi Magister Manajemen, Program Pasca Sarjana. Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Sumber Hukum:

Peraturan Daerah Kabupaten Mojokerto Nomor 10 Tahun 2011 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Mojokerto.

Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah Kabupaten Mojokerto berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil

Internet :

Anwar Hidayat. 2012. https://www.statistikian.com/2012/10/penelitian-kuantitatif.html-Anwar-Hidayat


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.