Efektivitas Sosialisasi Oleh Dinas Pendidikan Dalam Pemerataan Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Di Sekolah Dasar Kabupaten Bangkalan

Ainun Nisa Kamila, Yaqub Cikusin, Hirshi Anadza

Sari


Program Indonesia Pintar merupakan program beasiswa dalam meningkatkan pemerataan pendidikan di Indonesia terutama di Kabupaten Bangkalan. Dalam mendukung pemerataan pendidikan, peran Dinas Pendidikan diperlukan salah satunya dengan mengadakan sosialisasi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas sosialisasi PIP dalam pemerataan pendidikan serta faktor pendukung dan penghambat. . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Objek penelitian mengenai efektivitas sosialisasi oleh Dinas Pendidikan dalam pemerataan PIP di Sekolah Dasar Kabupaten Bangkalan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sasaran penerima PIP adalah siswa yang sesuai petunjuk teknis yang telah ditetapkan. Hasil dari efektivitas sosialisasi dalam pemerataan PIP yaitu komunikasi oleh Dinas Pendidikan sebagai implementator yang berjalan tidak efektif, efektivitas sosialisasi yang kurang maksimal akibat adanya pandemi COVID-19 dan kurangnya keterlibatan masyarakat, serta pemerataan PIP yang ditandai dengan siswa yang menerima dana PIP yang memenuhi kriteria kondisi keluarga siswa yang ditentukan dari DAPODIK.

 

Kata kunci: Sosialisasi,Efektivitas,Pemerataan, Program Indonesia Pintar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Pusat Statistik Jawa Timur.2021. IPM 2019-2021. https://jatim.bps.go.id/indicator/26/36/1/ipm.html

Budiharto,Widodo. 2010. Robotika-Teori dan Implementasinya. Yogyakarta:Penerbit Andi

Dwi, Yoga, 2019, The Seven Communicatioan Series,

Fitrah, Muh.Luthfiyah. 2017. Metodelogi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Jawa Barat : CV Jejak

Ghia,Bella Dimmera, & Pebria Dheni Purnasari. 2020. Permasalahan Dan Solusi Program Indonesia Pintar Dalam Mewujudkan Pemerataan Pendidikan Di Kabupaten Bengkayang. SEBATIK 1410-3737.

https//publicspeaking.sv.ugm.ac.id/2019/09/05/the-seven-communication-series/. Akses 24 Februari 2022.

Suherman.2021, Monograf Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter, Penerbit Insan Cendekia Mandiri, Solok, hlm.30-36

Retnaningsih, Hartini.2017.Program Indonesia Pintar: Implementasi Kebijakan Jaminan Sosial Bidang Pendidikan (Studi di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. (Jurnal Aspirasi Vol 8 No. 2 Desember 2017).

Pawestri, Apriliana & Lucky Dafira Nugroho.2017. Penguatan Peran Pemerintah Desa untuk Mendorong Kesadaran Masyarakat dalam Menempuh Pendidikan Minimal 12 Tahun sebagai Bagian dari Perwujudan Hak Anak (Studi Pada Kabupaten Bangkalan). (Jurnal Trunojoyo Volume 10 Nomor 2, Oktober 2017).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.