IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERENCANAAN KEGIATAN EVENT OLAHRAGA PADA PANDEMI COVID-19 (Studi kasus di Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang)

Ifaul Dewi Safira, M. Mas'ud Said, Sunariyanto Sunariyanto

Sari


Penelitian ini dilakukan atas dasar beberapa kegiatan event olahraga yang terutama akibat adanya pandemi Covid-19 dan juga adanya Surat Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia No 6 Tahun 2020.Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang dengan menggunakan tipe penelitian desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori tentang konsep implementasi kebijakan publik, perencanaan, dan event olahraga.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang yaitu dengan menperketat protokol kesehatan dan mengikuti Surat Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia. Adapun faktor pendukung  seperti atlet, Prokes pemerintah, penonton, Surat Edaran Menteri Pemuda dan Olahraga. Fakor penghambat seperti atlet, penonton dan Covid-19.

 

Kata Kunci: Impeletasi perencanaan, Event olahraga, Covid-19


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifuddin.2015. Pengantar Administrasi Pembangunan. Bandung:alfabeta

Buku Agenda Pembangunan Nasional RPJMN 2015-2019. Hlm. 250.

Hayat. 2018. Kebijakan Publik, Evaluasi, Reformasi dan Formulasi. Malang:Intrans Publishing.

Kadji, Yuliato.2015 Kepemimpinan dan Perilaku Birokrasi dalam Fakta Realitas. Gorontalo:UNG Press.

Nugroho D, Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi , Implementasi, Dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Siagian,SondangP.2014.FilsafatAdministrasiEdisiRevisi.Jakarta:Bumiaksara.

Subarsono.2005.Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV.Karya.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif , Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Akib, Haedar. 2010. Implementasi Kebijakan: Apa, Mengapa, dan Bagaimana.Jurnal Administrasi Vol 1 No 1 Tahun 2010 hlm 12

Alimin, dkk. 2016. Implementasi Program Pusat Pembinaan dan Latihan, Olahraga Pelajar Pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Administrasi Pembangunan dan Kebijakan Publik Vol.7 no. 2.

Apriyani, Yenny. 2015. Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas SD Muhammadiyah 2 Pontianak. Fakultas Kedokteran. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Yani, Yuli. 2107. Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Pendidikan di SMP Nahdatul Ulama Medan Helvetia Jurnal Manajemen Pendidikan IslamVol. 1, No 2.

Ayodhya, Devika Tryza. 2018. Peran Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Lampung Dalam Pembinaan kegiatan Olahraga Rekreasi. Jurnal Ilmiah Hukum Administrasi Negara Fakultas Hukum. Universitas Lampung Vol. 5 no.1.

Halimatussa’diyah.2018.Upaya Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Pengembangan Objek Wisata Candi Pari dan andi Sumur.Fakultas Ilmu Administrasi Publik Universitas Islam Malang

Marwan, Iis, dkk. 2018. Pelatihan Pengelolaan Manajemen Event Pertandingan Olahraga Untuk Pengurus dan Anggota Koni Kota Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Siliwangi Vol 4 no 2. Jurusan Pendidikan Jasmani. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

Pamalis,Rezza dan Tititk Djumiarti.2016. Evaluation of 2016-2021 Strategic Planning Process of Semarang City Departement of Transportation, Communication and Information. Departemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.