PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN BERKUNJUNG DI NOURA GUEST HOUSE SYARIAH DI KOTA MALANG

Cholila Cholila

Abstract


Dalam riset ini, tujuannya untuk mengetahui dampak variabel independen (kualitas pelayanan, fasilitas, dan promosi) pada variabel dependen (kepuasan kunjungan) di Noura Guest House Syariah Kota Malang. Sampel riset terdiri dari 100 pengunjung yang mengisi kuesioner dengan skala Likert untuk mengukur persepsi mereka pada variabel-variabel yang diteliti.Berdasarkan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS, hasil riset menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan promosi berdampak positif dan signifikan pada kepuasan kunjungan di Noura Guest House Syariah Kota Malang. Kualitas layanan memiliki dampak yang sangat positif dan signifikan pada kepuasan kunjungan, sedangkan fasilitas dan promosi memiliki dampak yang positif dan signifikan pada kepuasan kunjungan.


Full Text:

PDF

References


Adha, N., Hakim, L., Nugroho, Y. B., & ... (2021). Perkembangan Halal Industri Sebagai LangkahMembumikan Sistem Ekonomi Syariah. Perkembangan Halal Industri Sebagai LangkahMembumikan Sistem Ekonomi Syariah.

Arief, A. R. (2005). “Pengantar Ilmu Perhotelan dan Restoran”. Yogyakarta: Graha Ilmu. ( 31Oktober2022).

Emmywati, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Yang Terdiri Dari Kenyamanan, Keamanan,Kemudahan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Galeri Seni Dan PusatMeditation Ponorogo Jawa Timur. Jurnal Manajemen, 1(3), 8.https://doi.org/10.30736/jpim.v1i3.34

Indriyanti. (2013). “Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap KeputusanPembelian Buku Di Togamas Jl. Dr. Moewardi No. 21 Solo”. PT. Gramedia pustaka utama.

Irawan, H. (2002). “10 Prinsip Kepuasan Pelanggan”. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Kotler, P. dan Keller, K. L. (2006). “Manajemen Pemasaran: Kualitas Jasa”. Edisi Kedua, TerjemahanAncella Anitawati, Penerbit PT. Prenhalindo Jakarta.

Rangkuti, F. (2006). “Measuring Customer Satisfaction:Gaining Customer RelationshipStrategy:Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Jakarta : PT.Gramedia Pustaa Utama.

Riyanti, N. K. I., Teja, I. G. A. N. E., dan Rihayana, I. G. (2020). “Pengaruh kualitas pelayanan,harga, dan promosi terhadap niat berkunjung kembali di Villa Rendezvous Bali”. WidyaAmerta, 7(1), 84-99.

Safitasari, C dan Maftukhah, I. (2017). “Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi dan Citra Destinasiterhadap Kepuasan melalui Keputusan Pengunjung”. Management Analysis Journal, 6(3),310–319.

Sellang K, S.Sos., M.AP., DR. H. Jamaluddin, S.Sos, M.Si., Ahmad Mustanir, S.I.P., M. S. (2022).Strategi dalam peningkatan kualitas pelayanan publik dimensi konsep indikator danimplementasinya. Qiara Media

Setiadi N. J (2019). “Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, tujuan, dan KeinginanKonsumen”. Jakarta : Prenada Media Group.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. CV Alfabet.

Tjiptono, F. dan A, Diana, (2001). “Total Quality Management”. Yogyakarta, CV Andi Offset.

Wardani, A. K. (2016). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas TerhadapKepuasan Konsumen Pada Hotel Syariah Solo”. Doctoral dissertation, UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

Wijaya, T. (2011). “Manajemen Kualitas Jasa”. Jakarta:Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is indexed by:

   

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal also registered in ICI (Index Copernicus International) as N/I Journal

 Creative Commons License

El-Aswaq : Islamic Economic and Finance Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats