PENGARUH TINGKAT PENDAPATAN, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK SIMPANAN PADA BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Kasus Masayarakat Kec. PANDAAN)

Silvia Silvia, Afifudin Afifudin, Abdullah Syakur Novianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Pendapatan, Promosi dan Kualitas Pelayanan . dan bagaimana dampaknya terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk simpanan (tabungan,deposito,giro) pada Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan 80 responden yang telah menjadi nasabah BSI dan mempunyai Produk Simpanan BSI pada Masyarakat Kec.Pandaan. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif  asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Penelitan ini menganalisis data dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varibel Tingkat Pendapatan (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah (Y). Variabel Promosi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah (Y). Dan Variabel Kualitas Pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah (Y).


Full Text:

PDF

References


Darsono, D. S., Nurhidayah, N., & Novianto, A. S. (2023). Pengaruh Fashion Lifestyle, Sikap Konsumen, Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Three Second (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan .” E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen 12: 01.

Fandy, Tjiptono. 2008. “ ‘Strategi Pemasaran Edisi 3.’ Yogyakarta: Andi Offset (2008).” Yogyakarta: Andi Offset.

Firmansyah, M. Anang, and Mm Se. 2019. “Firmansyah, M. Anang, and Mm Se. Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). Penerbit Qiara Media, 2019.” Penerbit Qiara Media.

Kasmir. 2018. “Kasmir, S. E. Pemasaran Bang. Prenada Media, 2018.” Prenada Media.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2007. “Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. Il Marketing Del Nuovo Millennio. Pearson Italia Spa, 2007.” Pearson Italia Spa.

———. 2009. “Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. ‘Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 Dan 2.’ Jakarta. Penerbit Erlangga (2009).” Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kusnaningtyas, Arum Agustina. 2019. “Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bri Syariah Kcp Ponorogo. Diss. IAIN Ponorogo, 2019.” Diss. IAIN Ponorogo.

Malhotra, Naresh K. 2006. “ ‘Riset Pemasaran (Edisi Keempat Jilid 2) Pendekatan Terapan.’ Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia (2006).” PT Indeks Kelompok Gramedia.

Rangkuti, Freddy. 2013. “Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama, 2013.” Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. “Sugiyono, Prof. ‘Dr.(2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.’ Alfabeta, Cv (2016).” Alfabeta, cv.

Suwiknyo, Dw. 2009. “Suwiknyo, Dwi. ‘Kamus Lengkap Ekonomi Islam.’ (No Title) (2009).”

Tjiptono, Chandra. 2014. “ ‘Service Qualitya & Satisfaction, Edisi 3 Yogyakarta: UPP AMP.’ Tjiptono, Fandy (2014).” Yogyakarta: UPP AMP.

Utari, Utari. 2019. “Utari, Utari. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank BRI Syariah (PERSERO) TBK PALOPO. Diss. Institut Agama Islam Negeri (IAIN Palopo), 2019.” Diss. Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo),.

Yunita, Mia. 2018. “Yunita, Mia. Analisis Pengaruh Persepsi Masyarakat, Citra Perusahaan Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BRI Syariah Kantor Cabang Semarang). Diss. IAIN SALATIGA, 2018.” Yunita, Mia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.