PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI TENTANG BANK SYARIAH DAN TEKNOLOGI M- BANKING TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH (Studi Masyarakat Kelurahan Pisang Candi)

Wilda Natul Isnaini, Nur Diana, Irma Hidayati

Abstract


Peran perbankan memiliki signifikansi yang besar dalam kehidupan suatu negara, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini dikarenakan fungsi utama bank sebagai entitas yang efektif dan efisien dalam menghimpun serta mengalirkan dana dari nasabah atau masyarakat. Tingkat minat masyarakat terhadap produk-produk perbankan memegang peranan penting bagi lembaga keuangan dalam menentukan jenis layanan atau produk yang mereka tawarkan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh pengetahuan, persepsi terhadap bank syariah, dan teknologi m-banking terhadap minat masyarakat Kelurahan Pisang Candi dalam menggunakan produk Bank Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksplanatori dan melibatkan sampel sebanyak 100 responden dari masyarakat Kelurahan Pisang Candi yang menggunakan produk Bank Syariah. Metode survei dengan kuesioner digunakan, yang mencakup distribusi kuesioner, pengumpulan data, dan analisis data. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan berbagai uji statistik seperti uji normalitas, uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji koefisien determinasi (R²), dan uji t. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa informasi pada dasarnya mempengaruhi pendapatan individu dalam memanfaatkan item keuangan syariah. Selain itu kesan terhadap bank syariah juga mempengaruhi pendapatan masyarakat dalam memanfaatkan produk bank syariah. Selain itu, layanan perbankan melalui perangkat seluler (m-banking) turut memberikan kontribusi yang menguntungkan dan berpengaruh besar dalam meningkatkan keinginan masyarakat untuk memanfaatkan berbagai produk yang ditawarkan oleh bank-bank syariah.


Full Text:

PDF

References


Hanif Astika Kurniawati, Wahyu Agus Winarno, A. A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan PendekatanTechnology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/e-JEBAUJ/article/view/4563

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1), 22–33. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790

Idrus, R. A., & Mohamad, R. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP RELIGIOSITAS DAN MINAT UNTUK MENGGUNAKAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH ( Studi Pada Pengurus Muhammadiyah Di Provinsi Gorontalo ). 3, 79–94.

Imran, I., & Hendrawan, B. (2018). Pengaruh Persepsi Masyarakat Batam Tentang Bank Syariah Terhadap Minat Menggunakan Produk Bank Syariah. Journal of Applied Business Administration, 1(2), 209–218. https://doi.org/10.30871/jaba.v1i2.621

Indriyani, L., Ekonomi, F., Bisnis, D. A. N., Raden, U. I. N., & Lampung, I. (2023). “Pengaruh Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Kegunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Bandar Lampung).”

Mulyaningtyas, I. F., Soesatyo, Y., & Sakti, N. C. (2020). Pengaruh Pengetahuan Tentang Bank Syariah Dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Menabung Siswa Pada Bank Syariah Di Kelas Xi Ips Man 2 Kota Malang. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 53. https://doi.org/10.26740/jepk.v8n1.p53-66

Nuraini, P., Alfani, M. H., Muyasaroh, N., & Adawiyah, R. (2023). TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK BANK SYARIAH. 6.

Ojk. (2023). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/Pages/Laporan-Perkembangan-Keuangan-Syariah-Indonesia-2022.aspx

Rodiah, N. (2013). Peran Adiwarman Azwar Karim Terhadap Perkembangan Perbankan Syariah. Academia.Edu. https://www.academia.edu/download/63167836/JURNAL_PERAN_ADIWARMAN_A._KARIM20200501-91468-18c3jm0.pdf

Ryan, Cooper, & Tauer. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN, PERSEPSI TENTANG BANK SYARIAH, DAN TEKNOLOGI E-BANKING TERHADAP MINAT MASYARAKAT RELIGIUS MENGGUNAKAN PRODUK-PRODUK BANK SYARIAH. 12–26. http://etheses.uin-malang.ac.id/35918/

Saadah, A., & Widyananto, A. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Prinsip Syariah Islam Terhadap Minat Memilih Bank Syariah. At-Tamwil: Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1), 57–70. https://doi.org/10.33558/attamwil.v2i1.7066

Sahputra, A., Nurlatifah, H., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Al, U., Indonesia, A., Masjid, K., & Al, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan , Religiusitas , dan Halal Terhadap Keputusan Memilih Melalui Attitude dan Brand Trust Pada Bakeri Modern ( Studi Kasus 3 Bakeri Top Brand ). 1(1).

Sapta Riani, F. (2019). PENGARUH PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Kemiling Bandar Lampung) Skripsi Diajukan untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syaratGuna Memperoleh Gelar Sarja.

Simbolon, M. (2008). Persepsi dan kepribadian. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 52–66. https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/516

Sumarno, S., Nawawi, R., & Saeki, J. (2021). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Untuk Memilih Produk Bank Syariah. Ecobankers : Journal of Economy and Banking, 2(2), 75. https://doi.org/10.47453/ecobankers.v2i2.445

Vristiyana, V. M. (2019). Pengaruh religiusitas dan pengetahuan produk halal terhadap penilaian produk halal dan minat pembelian produk halal. Ekobis, 20(1), 85–100.

Gagne, R. M. (1985). The conditions of learning and theory of instruction (4th ed.). Holt, Rinehart and Winston.

Hidi, S., & Renninger, K. A. (2006). The four-phase model of interest development. Educational psychologist, 41(2), 111-127.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.Aaker, D. A. (2014). Building Strong Brands. Simon and Schuster.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior. Pearson Education Limited.

Solomon, M. R. (2014). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson Education Limited.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy. McGraw-Hill Education.

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: rineka cipta, 200, 26-35.

https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/PBS-dan-Kelembagaan.aspx

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.