Pengaruh Campuran Etanol Pada Bahan Bakar Shell (RON 92) Dengan Variasi Venturi Pada Karburator Terhadap Performa Motor Bakar 4 Langkah

Muhammad Jihad Haidar Ammar Siddiq, Margianto Margianto, Riswan Sepriyatno

Abstract


Sejalan dengan perkembangan teknologi yang kian maju pada motor bakar 4 langkah, jumlah pengguna sepeda motor juga kian meningkat. Kenaikan tersebut juga beriringan dengan naiknya harga bahan bakar. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang analisa tentang pengaruh campuran bahan bakar dengan etanol terhadap konsumsi bahan bakar motor bakar 4 langkah. Bahan bakar yang di gunakan pada penelitian ini adalah shell super dengan nilai RON (Research Octan Number) sebesar 92 dengan variasi karburator venturi 26 dan 28. Dengan nilai RON 92, bahan bakar yang di gunakan akan memiliki sifat yang tidak terbakar secara konstan. Sedangkan etanol yang digunakan adalah etanol dari fermentasi tetes tebu dengan tingkat alkohol  96%. Sehingga ketika dilakukan pencampuran bahan bakar shell super dengan etanol, akan mempengaruhi sifat aslinya. Metode penelitian yang di lakukan dengan mencampur bahan bakar shell super dengan etanol yang kemudian di uji menggunakan karburator venturi 26 dan 28 dengan variasi beban pengereman 10kg, 20kg, 30 kg, 40kg, dan 50kg dengan bukaan throttle 10%, 25%, dan 40% menggunakan bahan bakar tanpa etanol dan bahan bakar dengan etanol 15% sehingga dapat melihat perbedaan konsumsi bahan bakar. Hasil yang di dapatkan pada penelitian ini adalah dengan campuran bahan bakar shell super 85% dan etanol 15% pada karburator venturi 26 dan 28 menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah dari pada bahan bakar shell super tanpa campuran etanol.


Full Text:

PDF Remote

References


Selpriyatnol, R., Siswantol, El., & Hamidi, N. (2021). Pelrfolrma pada Moltolr Bakar 6-Langkah delngan Langkah Polwelr Elkspansi sampai Titik Mati Bawah. Jurnal Relkayasa Melsin, 12(2), 411–419.

Artika & Akbar, (2016). ANALISA VARIASI UKURAN VElNTURI KARBURATOlR TElRHADAP KOlNSUMSI BAHAN BAKAR PADA SElPElDA MOlTOlR YAMAHA RX-KING 135cc. Ellelmeln : Jurnal Telknik Melsin, 3(1), 23.

Harahap, L. Q. (2022). Analisa Pelrfolrma Holnda Supra X 125 Melnggunakan Karburatolr Standart Dan Karburatolr Racing Belrbahan Bakar Pelrtalitel. Buleltin Utama Telknik, 17(2).

Helywolold, J. B. (1988). Intelrnal Colmbustioln Elnginel Fundamelntals. N. Yolrk: McGraw-Hill.

Ibnu, S. (2015). Thel Improlvelmelnt olf Moltolrcyclels Pelrfolrmancel using CDI Prolgrammablel. Jurnal Scielncel Telch, 1(1), 59–67.

P, El. B., Putra, W. T., & Malyadi, M. (2019). Analisa Elfelk Pelrubahan Velnturi Karburatolr Telrhadap Pelrfolrmancel Melsin Pada Selpelda Moltolr Yamaha Velga. Kolmputelk, 3(1), 1.

Prakolsa elt al., (2020). Analisis Pelngaruh Pelmbelbanan Dan Putaran Melsin Telrhadap Tolrsi Dan Daya Yang Dihasilkan Melsin Holnda Gx 200. Pelndidikan Volkasiolnal Telknik Melsin, 2(2), 91–95.

Putra elt al.,(2013). Pelngaruh Variasi Durasi Camshaft Telrhadap Unjuk Kelrja Moltolr Bakar 4 Langkah. Jurnal ROlTOlR, 6(2), 27–30.

P, El. B., Putra, W. T., & Malyadi, M. (2019). Analisa Elfelk Pelrubahan Velnturi Karburatolr Telrhadap Pelrfolrmancel Melsin Pada Selpelda Moltolr Yamaha Velga

Arijantol & Saputra, (2015). Pelngujian Bahan Bakar Gas Pada Melsin Selpelda Moltolr Karburatolr Ditinjau Dari Aspelk Tolrsi Dan Daya. Roltasi, 17(2), 105.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.