PENGARUH MOTIVASI, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI (Studi Pada Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Bima)

Yosep Darson, Abdul Kodir Djaelani, M. Khoirul ABS

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel  motivasi, disiplin kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Bima. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan program SPSS yang terdiri dari beberapa uji asumsi klasik , normalitas, analisis linear berganda dan uji hipotesis.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel motivasi secara parsial  berpengaruh terhadap kinerja pegawai, variabel disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai, dan variabel lingkungan kerja berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pegawai. Variabel motivasi, disiplin kerja, dan lingkungan kerja secara simultan atau bersamaan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Bima .

 

Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Motivasi, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen telah terindeks pada:

 

Creative Commons License

E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License