PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) DENGAN MEDIA CABRI 3D PADA MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII SMP ISLAM 1 BATU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Jubaida - Ramli

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran  Model Eliciting Activities (MEAs) dengan media Cabri 3D dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis materi kubus dan balok peserta didik kelas VIII. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif sebagai pendekatan utama dan pendekatan kuantitaif sebagai pelengkap dari pendekatan utama. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilakukakn dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi 4 tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang digunakan adalah data kualitataif dan data kuantitatif. Langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Kegiatan pendahuluan; (2) Kegiatan inti; dan (3) Penutup. Hasil peningkatan dapat dilihat dari (1) Hasil observasi kegiatan guru pada siklus I menunjukan persentase sebesar 79,04%, sedangkan pada siklus II sebesar , hal ini menunjukan peningkatan aktivita guru di dalam kelas pada silus II; (2) Hasil observasi kegiatan peserta didik pada siklus I menunjukan persentase sebesar 73,80%, mengalami peningkatan pada siklus II menjadi ; (3) Berdasarkan hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus, maka diperoleh persentase ketuntasan pada tes siklus I yaitu sebesar , sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar , (4) Hasil respon wawancara terhadap peserta didik, diperoleh persentase sebesar 50%, pada siklus II meningkat menjadi .

Kata-kata kunci: : representasi matematis, Model Eliciting Activities (MEAs), Cabri 3D

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Kusuma, Wijaya dan Dwitagama, Dedi. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Muleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nopitasari, Dian dan Saefuddin, Wildan, 2017. Penerapan Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Melalui Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Spasial dan Kemandirian Belajar. Jurnal Teori dan Riset Matematika TEOREMA). Vol 2 (1), September 2017. (https://jurnal.unigal.ac.id./index.php/teorema/article/view/574, diakses 20 Desember 2019)

Ulfah, Maria & Abidin, Zainal. Penerapan Model Pembelajaran Eliciting Activities (MEAs) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1SEKOTONG Materi Pokok Perbandingan Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Vol (1): (http://ojs.ikipmataram.ac.id./index.php/jmpm/article/view/121/119, diakses 20 Desember 2019)

Tampubolon, Saur M. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit Erlangga: PT. Gelora Aksara Pratama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.