Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada Materi Bangun Datar Segi Empat Kelas VII

Nilna Masrurotus Sa'idah, Mustangin - -, Sikky El Walida

Abstract


Abstrak

 

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan video animasi pembelajaran bermuatan PPK, 4C, dan HOTS pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Video animasi pembelajaran ini dikembangkan agar motivasi dan minat belajar matematika peserta didik meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yakni define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemnination (penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah sembilan peserta didik MTs An-Nur Bululawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (analisis kebutuhan, analisis karakteristik, dan motivasi belajar peserta didik, validasi ahli materi, validasi ahli media, validasi ahli desain, praktisi, dan pengguna). Instrumen angket penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif tentang validitas produk. Data hasil uji coba dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa video animasi bermuatan PPK, 4C, dan HOTS termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut didapatkan dari hasil validasi empat validator dengan rata-rata nilai 3,69 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian pengguna oleh sembilan peserta didik kelas VII dengan rata-rata nilai 3,67 dengan kriteria ”valid” untuk semua aspek.

 

Kata Kunci: pengembangan, video animasi pembelajaran, PPK, 4C, HOTS, bangun datar segi empat

 

Abstract

 

The purpose of this research and development is to produce instructional animation videos with PPK, 4C, and HOTS on the material of class VII rectangular flat shapes. Animated learning videos are developed so that students' motivation and interest in learning mathematics increases. This research is a development research that refers to the 4D development model, namely define, design, development, and dissemination. The trial subjects in this study were nine MTs students. An-Nur Bululawang. The data collection technique used was a questionnaire (needs analysis, analysis of the characteristics and learning motivation of students, validation of material experts, validation of media experts, validation of design experts, practitioners, and users). The research questionnaire instrument was used to collect quantitative and qualitative data about the validity of the product. Trial data were analyzed using descriptive statistics. The results of development research show that the animated videos with the content of PPK, 4C, and HOTS are in the good category. This was obtained from the results of the validation of four validators with an average value of 3.69 with the criteria "valid" for all aspects and the results of user assessments by nine class VII students with an average value of 3.67 with the criteria "valid" for all aspects.

 

Keywords: development, instructional animation video, PPK, 4C, HOTS, rectangular flat shape


Full Text:

PDF

References


Agustien, R., Umamah, N., & Sumarno. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Dua Dimensi Situs Pekauman di Bondowoso dengan Model ADDIE Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IPS. Jurnal Edukasi, Vol 1

Ainina, I.A. 2014. Pemanfaatan Media Audio Viasual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal of History Education Vol 3.

Arifin, Y., Ricky, M.Y, & Yesmaya, V. 2015. Digital Multimedia. Jakarta Barat: PT Widia Inovasi Nusantara.

Kurnia, Tommy. 4 Desember 2019. Skor Terbaru PISA: Indonesia Merosot di Bidang Membaca, Sains, dan Matematika. Liputan6.com (internet). Diakses tanggal 2 Februari 2020 pukul 13.28 WIB.

Munir. 2013. Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Sourcebook. Indiana Bloomington: Indiana University.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wuryanti, Umi dan Kartowagiran, Bandrun. 2016. Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun VI, No 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.