Penelitian nilai feminisme pada novel "Amba" karya Laksmi Pamuntjak

Luluk Imahnunnah

Abstract


Abstrak: Novel merupakan karya sastra yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Terutama para remaja dan pemuda. Melalui cerita pada novel, pembaca dapat berimajinasi dan bahkan tidak sedikit yang mendapatkan inspirasi dari novel yang telah dibaca. Pembaca dapat mengetahui representasi maksud yang akan disampaikan oleh pengarang melalui alur dan setting ceritanya. Namun, terkadang salah satu manfaat terpenting malah tertinggal. Misalnya mengetahui bahwa dalam sebuah novel menganung nilai positif yang patut dijadikan contoh dan nilai negatif yang harus dihindari.
Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai nilai feminisme yang terdapat pada novel karya Laksmi Pamuntjak berjudul “Amba”. Metode penelitian ini adalah penelitian sastra kualitatif, yang di mana data dianalisis dan dideskripsikan sesuai dengan kecocokan dari berbagai sumber. Penelitian kualitatif mempertahankan hakikat nilai-nilai, yang di sini merupakan nilai feminisme. Teknik yang digunakan yaitu, membaca, menganalisis, mengelompokkan, lalu data diolah hingga menjadi sebuah hasil penelitian yang sesuai.
Hasil penelitian ini yang pertama adalah menemukan nilai feminisme yang terdapat pada novel “Amba”, yang kedua yaitu usaha tokoh utama dalam berjuang mempertahankan hak wanita sebagai bentuk munculnya nilai feminisme pada novel dan, yang terakhir adalah usaha tokoh utama yang bangkit dari keterpukurkannya untuk memulai hidup baru yang lebih baik.

Kata Kunci: nilai feminisme, novel “Amba”


Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi dan Jphan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV.Jejak

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wellek, Rene dan Warren, Austin. 2014. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.