Strategi Komunikasi Pemelajar Asing Tingkat Pemula Pada Tugas Keterampilan Berbicara Program BIPA Unisma

Nur Chasanah Wijayaningrum

Abstract


ABSTRAK : BIPA merupakan sebuah program yang secara khusus memfokuskan layanannya pada pembelajaran dan atau pengkajian bahasa dan budaya Indonesia bagi orang asing. Pelaksanaannya dapat dilaksanakan di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan pembelajaran BIPA di Indonesia memiliki banyak kendala, baik yang bersumber dari pengajar BIPA maupun pemelajarnya. Kendala yang timbul di antaranya dipengaruhi oleh perbedaan latar belakang budaya, tempat belajar, dan bahasa yang digunakan. Kedudukan BIPA bagi pemelajar asing adalah sebagai bahasa kedua sehingga pemerolehannya dilakukan setelah menguasai bahasa pertamanya. Salah satu keterampilan berbahasa yang diajarkan dalam BIPA adalah keterampilan Berbicara. Keterampilan berbicara adalah suatu keterampilan mengungkapkan gagasan menggunakan bahasa secara lisan. Ketika dalam pembelajaran seseorang berbicara harus memperhatikan siapa mitra bicaranya, bagaimana situasinya, kapan, dan dimana dia berbicara, apa pokok masalah yang dibicarakan, ragam bahasa apa yang harus digunakan, bagaimana pranata sosial budayanya, dan sebagainya.

Fenomena yang terjadi dalam pemelajaran BIPA di Pusat Pengembangan Bahasa Asing (P2BA) Universitas Islam Malang, yaitu adanya penggunaan strategi komunikasi yang digunakan pemelajar BIPA tingkat pemula pada saat proses pembelajaran berlangsung, terutama dalam keterampilan berbicara. Untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan pemelajar asing pada pemelajaran keterampilan berbicara, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana strategi komunikasi pencapaian yang digunakan oleh pemelajar asing tingkat pemula pada keterampilan berbicara program BIPA Unisma, (2) Bagaimana strategi komunikasi pemanfaatan waktu yang digunakan oleh pemelajar asing tingkat pemula pada keterampilan berbicara program BIPA Unisma, dan (3) Bagaimana strategi komunikasi penhindaran yang digunakan oleh pemelajar asing tingkat pemula pada keterampilan berbicara program BIPA Unisma. Pendekatan yang digunakan dalam ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan penelaahan kumpulan video tugas keterampilan berbicara pemelajar asing di BIPA Unisma tingkat pemula.

Hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi yang paling sering digunakan oleh pemelajar asing adalah r strategi pencapaian ditemukan sebanyak 21 data. Strategi pencapaian konseptual sebanyak 6 data, strategi linguistik sebanyak 12 data, stretegi permintaan bantuan sebanyak 2 data, dan penggunaan kata serbaguna sebanyak 1 kata. Strategi pemanfaatan waktu ditemukan sebanyak 7 data. Strategi penggunaan bentuk tegun sebanyak 6 data dan strategi pengulangan kata atau kalimat sebanyak 1 data. Selain itu, dalam penelitian ini juga dapat disimpulkan kedua macam strategi ini dapat terjadi secara bersamaan saat pemelajar bahasa kedua  menyampaikan satu gagasan. Penggunaan waktu tegun digunakan oleh pemelajar asing untuk memikirkan kata yang akan diungkapkan. Sementara, pengulangan kata atau kalimat digunakan oleh pemelajar asing untuk melanjutkan gagasan yang sempat terputus saat ia berpikir. Strategi penghindaran hanya ditemukan 1 data berupa penghindaran topik. Sementara strategi keterputusan pesan tidak ditemukan.

Kata Kunci : BIPA, strategi komunikasi, keterampilan berbicara.


Full Text:

PDF

References


Corder. (1983). Strategies of Communication. Di dalam C. Faerch dan G. Kasper (Eds), Strategies in Interlanguage Communication (hlm. 15-19). London:Longman.

Faerch dan Kasper. (1983). Plans and Strategies in Foreign Language

Communication. Di dalam C. Faerch dan G. Kasper (Eds), Strategies in

Interlanguage Communication (hlm. 20-60). London: Longman.

Ghazali, Syukur. 2010. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan

Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Kusmiatun, Ari. 2016. Mengenal BIPA dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K. Media

Purbaningrum, Wiwin. 2011. Penggunaan Strategi Komunikasi Oleh Pemelajar Esl:Studi Kasus Pada Tugas Wicara di Depan Umum. Tesis tidak diterbitkan.Jakarta : Program Pascasarjana Universitas Indonesia.

Riwayanti. 2016. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Jepang. Tesis tidak

diterbitkan. Malang : Program Pascasarjana Universitas Islam Malang.

Sevilla, Consuelo G.dkk. 2011. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Indonesia

Susanto, Gatut. 2008. Bahan Ajar Tingkat Pemula untuk Pelajar Jepang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.