PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PETA KONSEP POHON JAINGAN SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 DAU

st har yati

Abstract


ABSTRAK : Penelitian ini tentang bagaimanakah peningkatan hasil kemampuan menulis puisi dan bagaimanakah peningkatan proses belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dau. dengan strategi peta konsep pohon jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi dalam hasil dan proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan strategi peta konsep pohon jaringan siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dau.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). peneliti berperan sebagai pelaksana kegiatan penelitian dengan menggunakan subjek penelitian berupa kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dau yang berjumlah 30 orang  siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yaitu berupa angket,tes,dokumentasi.Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus pada tiap-tiap siklus I dan siklus II dilakukan dalam empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.

Penggunaan strategi peta konsep pohon jaringan menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis puisi. Hasil rata-rata setiap prasiklus,  siklus I dan siklus II. Pada hasil prasiklus rata-rata berjumlah 82.67. Pada siklus II hasil rata-rata meningkat lagi sejumlah 91.29 dari siklus I menjadi 85.24.

Dengan menggunakan strategi peta konsep pohon jaringan terjadi peningkatan pada kemampuan menulis puisi siswa. Dalam pembelajaran menulis puisi siswa mengalami peningkatan proses belajar semakin aktif bertanya dan mengemukakan pendapat, pada siklus II adanya refleksi siswa diakhir pembelajaran bahwa kegiatan pembelajaran menulis puisi sangat menyenangkan dan menarik. Dengan pembelajaran menggunakan strategi peta konsep pohon jaringan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi serta meningkatkan proses belajar siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dau.

Pada penerapan strategi peta konsep pohon jaringan dalam kegiatan menulis puisi dapat membantu siswa untuk menulis puisi dan menemukan ide-ide baru. Sehingga strategi peta konsep pohon jaringan dapat membantu meningkatkan siswa agar lebih minat belajar dengan hasil pembelajaran menulis puisi lebih bermakna bagi para siswa ialah kegiatan pembelajaran strategi peta konsep pohon jaringan ini dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis puisi siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Dau.

Kata kunci: kemampuan menulis, puisi, strategi peta konsep pohon jaringan

                                                                       

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi.

Jakarta: Bumi Aksara.

Basuki, T. (2000), Pembelajaran Matematika Disertai dengan Penyusunan Peta

Konsep. (Tesis). Bandung: Program Pasca sarjana, Universitas Pendidikan

Indonesia: Tidak dipublikasikan.

Basrowi & Suwandi. 2008. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta

Buzan, Tony. 2010. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.

Baribin, Raminah. 1990. Teori dan Apresiasi Prosa Fiksi. Semarang: IKIP

Semarang.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra .

Yoggyakarta: Sabda Media.

Dahar, Ratna Wilis. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan Nasional.2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai

Pustaka.

Darmadi, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis Panduan

untuk Mahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Djamarah. B.S (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Gie, The Liang. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Holil, Anwar. 2008. Peta Konsep untuk Mempermudah Konsep Sulit dalam

Pembelajaran. http://anwarholil.blogspot.com/. Diunduh pada tanggal

November 2019.

Ibrahim, dkk. (2003). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja

Rosdakakarya.

Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Madya, Suwarsih. 2007. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan

Analisis Struktural dan semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pradopo. Rachmat Djoko. 2007. Prinsip-prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.

Pradopo Rachmat. 2010. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.

Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada

University Press.

Sayuti, Suminto A. 2000. Semerbak Sajak. Yogyakarta: Gama Media.

Berkenalan dengan Puisi. Yogyakarta: Gama Media.

Sutardi, dkk. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suparno dan Yunus, Muhammad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Suriamiharja, Agus, dkk: 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif,

Kuantitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa

Tarigan, Djago, dan H.G. Tarigan. 1987. Teknik Pengajaran Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Prestasi Pustaka: Jakarta.

The Liang Gie. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Waluyo, J. Herman. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Apresiasi Puisi untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama

Wiraatmadja, Rochiati. 2005. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. PT

Remaja Rosdakarya

Wahyu, J., 1991. Ilmu Nutrisi Unggas. UGM-Press, Yogyakarta.

Wiyanto, Asul. (2004). Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: Grasindo.

Wardoyo, Sigit Mangun. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme. Bandung:

Alfabeta

Waluyo, J. Herman. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.