KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN MATERI KUBUS DAN BALOK KELAS VIII

ida kurnia wati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah dan penggunaan model pembelajaran yang diberikan guru selama ini masih kurang efektif dan terlihat masih pasif dan mengabitkan peserta didik menjadi jenuh karena model pembelajaran yang didominasi berpusat pada guru yaitu pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran project based learning melalui videp pembelajaran dengan pembelajaran konvensional pada materi kubus dan balok kelas VIII MTs Nusantara Sumbertaman Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi (Mixed Method). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Nusantara Sumbertaman Probolinggo dengan sampel 33 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan 33 sebagai kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan, (2) wawancara, (3) observasi, (4) catatan lapangan. Data kuantitatif dianalisis dengan mencari rata-rata dan persentase hasil tes kemampuan. Sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran project based learning melalui video pembelajaran dengan pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran project based learning, Video Pembelajaran, Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah


Full Text:

PDF

References


Hendriana, H. dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung:PT Refika Aditama.

Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:

Refika Aditama

Sudio, Rasto. 2013. (http://pembelajaranku.com/pembelajaran-berbasis-proyek/, diakses 9 Agustus 2014)

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:

Alfabeta.

Warsono, 2012. Pembelajaran Aktif. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.