PENGEMBANGAN MAJALAH MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK SMP KELAS VIII

Ima Roatus Sholikhah

Abstract


Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan majalah matematika berbasis multimedia interaktif sebagai sumber belajar pada materi bangun ruang sisi datar untuk SMP kelas VIII. Majalah matematika berbasis multimedia interaktif ini dikembangkan untuk meningkatkan daya tarik dan memudahkan siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yaitu define (pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 10 siswa MTs Almaarif 01 Singosari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (analisis kebutuhan, validasi ahli materi, validasi ahli media, praktisi, dan user). Instrumen angket dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif tentang validitas produk majalah matematika berbasis multimedia interaktif. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa produk majalah matematika berbasis multimedia interaktif termasuk dalam kategori baik. Hal tersebut didapatkan dari hasil validasi tiga validator dengan rata-rata nilai 3,47 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek dan hasil penilaian user oleh 10 siswa kelas VIII dengan rata-rata nilai 3,56 dengan kriteria “valid” untuk semua aspek.

Kata kunci: pengembangan, majalah matematika, multimedia interaktif, sumber belajar, bangun   ruang sisi datar


Full Text:

PDF

References


Anggoro, Bambang Sri. 2015. Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Aljabar. Vol 6(2):122-129.

Khanifah, Siti. 2012. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unes Journal Of Biology Education. Vol 1(1):66-73.

Munir. 2012. Pendekatan SAVI dalam Mata Kuliah, Gerakan Aksebilitas untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 7(2): 85-97.

Mustikarini, Pudyaswara. 2015. Pengembangan Majalah Fisika sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Berkarakter Islami melalui Materi Fluida Dinamis untuk Menumbuhkan Sikap Spiritual dan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas XI SMA NEGERI 1 Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Najihah, Safiatin. 2014. Pengembangan Model e-book Interaktif Termodifikasi Majalah Pada Materi Struktur Atom. Unesa Of Chemical Education. Vol 3 (3).

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Sanytasa, I Wayan. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Fisika FPMIPA Universitas Pendidikan Ganesha.

Setiyani, Rediana. 2010. Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan.Vol V(2): 117-133

Sunaikhah. 2018. Pengembangan Media Majalah Matematika untuk Pembelajaran Materi Garis dan Sudut di SMP. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Malang

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KENCANA.

Thiagarajan, S., Samuel, M.I. 1974. Intructional Development For Trainining Teacher Of Exceptional Children. Indiana Univercity: Bloomingtoon Indiana.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.