KEMAMPUAN PENALARAN ANALOGI MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON MATHEMATICS DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER

Tefa Ayu Trisna Mawarni

Abstract


Kemampuan penalaran merupakan salah satu kemampuan matematis yang diperlukan peserta didik untuk mencapai keberhasilan dalam belajar matematika. Matematika dan penalaran adalah dua hal yang berkaitan. Melalui penalaran bisa memahami matematika, sedangkan melalui belajar matematika peserta didik bisa melatih kemampuan bernalarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan, mengetahui manakah yang lebih baik dan mendeskripsikan kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif visualizer-verbalizer antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Hands on Mathematics berbantuan media benda konkret dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi prisma kelas VIII SMP Negeri 1 Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi dengan desain Sequantial Explanatory di mana metode kuantitatif pada tahap pertama dan metode kualitatif pada tahap kedua. Hasil penelitian ini yakni terdapat perbedaan kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif visualizer-verbalizer kelas eksperimen dengan kelas kontrol, kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif visualizer-verbalizer kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, dan deskripsi kemampuan penalaran analogi matematis peserta didik ditinjau dari gaya kognitif visualizer-verbalizer kelas eksperimen berbeda dari kelas kontrol dilihat dari pencapaian indikator pada masing-masing kategori peserta didik.

 

Kata-kata kunci: Kemampuan Penalaran Analogi Matematis, Gaya Kognitif Visualizer dan   Verbalizer, Model Pembelajaran Hands on Mathematics.


Full Text:

PDF

References


Bestiyana, Riska Anita dan Wijayanti, Pradnyo. 2018. Profil Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Menyelesaiakan Soal Higher Order Thinking Matematik Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer-Verbalizer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 1 (7): 101-108.

Creswell, John W. 2016. Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ilma, Rosidatul; Hamdani, Saepul; Lailiyah, Siti. 2017. Profil Berpikir Analitis Masalah Aljabar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. Vol 2 (1): 1-14.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Maisarah; Fauzi, Amin; Matondang, Zulkifli. 2016. Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Hands-On Mathematics dan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Pemahaman Relasional dan Mathematics Anxiety Siswa. Jurnal Tematik. Vol 6 (2): 101-109.

Rahmawati, Dwi Inayah dan Pala, Rini Haswin. 2017. Kemampuan Penalaran Analogi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Euclid. Vol 4 (2): 717-725.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumarmo, Utari. 2015. Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.

Wiguna, Lanang Ambarawa; Marhaeni; Ardana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Hands on Mathematics Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4 (1): 1-12.

Yensy, NA. 2013. Penerapan Pakem Melalui Teknik dan Taktik Aktivitas Hands On Mathematics Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Al-jabar Rendah. Jurnal Exacta. Vol 11 (1): 33-37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.