PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MELALUI STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP DARUSSYAFA’AH

Atri Rosita Dewi

Abstract


Abstrak

Hasil wawancara guru diketahui pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Darussyafa’ah tergolong rendah disebabkan peserta didik kesulitan memecahkan masalah yang sedikit berubah dari contoh yang diberikan guru dan strategi pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru yang mengakibatkan kuranganya keaktifan peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan strategi Active Learning tipe LSQ dengan konvensional, (2) untuk mendeskripsikan pamahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan melalui strategi Active Learning tipe LSQ, dan (3) untuk mengetahui keterkaitan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif pemahaman konsep matematis antar peserta didik yang diajarkan menggunakan strategi Active Learning tipe LSQ. Pendekatan penelitian ini ialah penelitian kombinasi design sequensial explanatory. Penelitian kuantitatif menggunakan true experimental design jenis Pretest-Postest Control Grup Desain. Populasi penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VII SMP Darussyafa’ah yang terdiri dari empat kelas dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, maka dinyatakan kelas VII A sebagai kelas eskperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penelitian kualitatif menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Data kuantitaif berupa hasil data pretest dan hasil posttest pemahaman konsep matematis yang dianalisis menggunakan uji-t. Data kualitatif berupa data observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan strategi Active Learning tipe Learning Start With A Question (LSQ) dengan konvensional. Pencapaian indikator pemahaman konsep matematis peserta didik kategori tinggi, sedang, rendah pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Data kualitatif memperkuat dan mendukung data kuantitatif.

 

Kata Kunci: Active Learning, Learning Start With A Question (LSQ), Pemahaman Konsep Matematis


Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Renika Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Asiah, Nur. 2017. Analaisis Kemampuan Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 4 (1). Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kusuma, Lavanda Dita dan I Nengah Parta. 2013. Peningkatan Keatifan Siswa Melalui Pembelajaran Dengan Strategi Learning Start With A Question Pada Materi Segitiga dan Segiempat Untuk Siswa Kelas VII-H SMPN 1 Blitar. Artikel. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Solikhah, Badiatus. 2014. Efektivitas Metode Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Dilengkapi Dengan Media Pocket Book Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Partisipasi Peserta Didik. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.