PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDENT OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT SISWA KELAS VIIA

Eni Kurniawati

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman siswa memanfaatkan model pembelajaran kooperatif tipe IOC (Indent Outside Circle) untuk materi Bangun Datar Segiempat pada siswa kelas VII-A MTs Al-Maarif 02 Singosari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindaakan Kelas) yang dilakukan dalam dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VII-AMTs Al-Maarif 02 singosari. Data dalam penelitian ini ada dua jenis yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi siswa, lembar observasi guru, hasil wawancara, dan hasil catatan lapangan, sedangkan data kuantitatif dari hasil tes akhir siklus. Tehnik pengumpulan data ialah dengan metode observasi, waawancara, tes akhir siklus, dan catatan lapangan. Dengan peningkatan mencapai dari hasil tes akhir siklus I sebesar 70%, mengalami peningkatan mencapai 90%. Untuk kegiatan guru pada siklus I sebesar 74,18% mengalami peningkatan mencapai 90,85%. Sedangkan pada kegiatan siswa siklus I sebesar 75,83% mengalami peningkatan mencapai 87,51%. Sedangkan pada hasil wawancara siklus I sebesar 50% mengalami peningkatan mencapai 100%. Terlihat bahwa lebih meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe IOC dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa pada pokok bahasan bangu datar segiempat siswa kelas VII-A MTs Al-Maarif 02 Singosari Malang.

                          

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, metode IOC  pemahaman matematika

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Abidin, Z; Mohamed, Z; Ghani, Sazelli, A. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (1): 79-102. (www.riset.unisma.ac.id)

Arikunto, S dkk. 2014, Prosedur suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Z, 2004. Pentingnya pemahaman konseptual dan prosedural dalam belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: FKIP Universitas Islam Malang

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sumiaji. 2016. Karakteristik Komunikasi Matematis. Dalam Abdur Rahman As’ari dan Edy Bambang Irawan, (Eds). Variasi Konstruk dalam Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.