KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM POSING LEARNING DENGAN STRATEGI HELP SEEKING BEHAVIOR MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 2 MALANG

Eric Maulana Rizki, Zainal Abidin, Sikky El Walida

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang menggunakan model problem posing learning dengan strategi help seeking behavior dan siswa yang menggunakan model konvensional; (2) untuk mengetahui manakah kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problem posing learning dengan strategi help seeking behavior dan yang diberi model konvensional; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model problem posing learning dengan strategi help seeking behavior.  Pendekatan yang digunakan yaitu mixed method research jenis sequential explanatory design. Pada penelitian kuantitatif menggunakan desain true experimental. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling diperoleh kelas VIII G kelas eksperimen dan kelas VIII F kelas kontrol. Data kuantitatif diperoleh dari pretest dan posttest menggunakan instrumen soal tes. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t. Sedangkan pada penelitian kualitatif menggunakan desain deskriptif kualitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara beserta observasi untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif diperoleh sebagai berikut. (1) Uji hipotesis dua pihak kemampuan pemecahan masalah diperoleh nilai Sig = 0,005 < 0,05 sehingga H0 ditolak, menghasilkan terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen dan kelas control. (2) Uji hipotesis satu pihak kemampuan pemecahan masalah diperoleh t = 2,89118 > t1-α = 1,99897 sehingga H0 ditolak, disimpulkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas control. (3) Berdasarkan analisis kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara menghasilkan bahwa subjek yang telah dipilih pada kelas eksperimen mempunyai pencapaian indikator yang lebih menguasai daripada kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal; Mohamed, Zulkifley; Ghani, Sazelli, Abdul. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2(1): 79-102. (www..riset.unisma.ac.id)

Faturrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hendriana dkk. 2017. Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lestari, Eka dan Yudhanegara, Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Afika Aditama.

Nani, Karman. 2012. Konstruksi Self Regulation Skill dan Help Seeking Behavior dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY. Yogyakarta, 10 November 2012.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah dan Lamatenggo. 2016. Tugas Guru dalam Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.